kumparan
8 November 2019 12:09

9 Minuman Sehat untuk Ibu Hamil

ibu hamil minum teh - POTRAIT Foto: Shutterstock
Kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya sangat bergantung oleh nutrisi yang ibu hamil konsumsi. Karenanya bila tengah hamil, Anda perlu cermat memilah dan memilih makanan maupun minuman, Moms.
ADVERTISEMENT
Soal minuman misalnya, jangan hanya yang berguna melepas dahaga. Mengutip Boldsky, cairan tersebut harus yang bernutrisi lengkap demi mendukung tumbuh kembang bayi dalam kandungan.
Berikut ini adalah 9 minuman sehat yang bisa ibu hamil konsumsi:
ibu hamil minum air putih Foto: Shutterstock
1. Air putih
Kebutuhan air putih penting dipenuhi saat sedang hamil maupun tidak, Moms. Terlebih kebutuhan air dalam tubuh yang cenderung meningkat ketika mengandung.
Cukup air juga akan menghindarkan Anda dari konstipasi, pembengkakakn, hingga persalinan prematur. Ibu hamil umumnya disarankan mendapat kurang lebih 2,5 gelas atau setara 10 gelas perharinya.
2. Susu
Susu kaya kalsium yang bisa membantu pembentukan tulang bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Anda bisa minum satu gelas perharinya, Moms. Pastikan susu yang dipilih adalah yang sudah dipasteurisasi.
smoothies pisang menjadi salah satu minuman yang sehat buat ibu hamil Foto: Shutterstock
3. Smoothies
ADVERTISEMENT
Kandungan sehat pada buah tentu baik bagi kesehatan Anda, Moms. Anda bisa menghidangkannya dalam bentuk smoothies. Agar minuman Anda makin kaya gizi, ganti airnya dengan susu.
4. Air kelapa
Umumnya air kelapa yang disukai orang banyak adalah air kelapa muda. Minum air kelapa secara rutin dan jumlah yang cukup bisa menghindarkan Anda dari dehidrasi, mencegah batu ginjal hingga menurunkan risiko masalah pada jantung.
5. Air perasan lemon
Konsumsi air perasan lemon dapat mengurangi mual saat hamil. Selain itu kandungan vitamin A dan C, folat, zat besi, magnesium, fosfor, niasin, dan riboflavin menjaga janin tetap sehat dan bertumbuh dengan baik. Ibu hamil cukup konsumsi segelas air perasan lemon setiap pagi.
air lemon Foto: Shutterstock
6. Air jahe
ADVERTISEMENT
Soal mual muntah, air jahe juga dapat mengatasinya, Moms. Selain itu, minuman satu ini juga bermanfaat dalam merilekskan otot, mengontrol kadar gula darah dan mengurangi nyeri saat hamil.
7. Teh herbal
Teh herbal umumnya tidak mengandung kafein, serta dapat membantu ibu hamil untuk mendapat asupan penting seperti, kalsium, magnesium dan zat besi.
ibu hamil minum teh Foto: Shutterstock
8. Yogurt
Selain nikmat, salah satu produk olahan susu ini juga menyehatkan saluran pencernaan. Tak cuma itu, tapi juga dapat penuhi kebutuhan kalsium, mengurangi risiko sembelit, hingga komplikasi.
9. Infused Water
Air yang dikombinasikan dengan potongan buah ini, memberi rasa segar bila Anda kurang menyukai rasa dari air putih biasa, Moms. Manfaatnya bagi ibu hamil juga berperan dalam mengatasi pusing dan perubahan hati (mood swing) yang sering terjadi.
ADVERTISEMENT
Sekalipun 9 minuman di atas tergolong aman dan menyehatkan. Namun perhatikan pula batasannya agar jangan sampai berlebihan, Moms. Sebaiknya Anda mendiskusikan pula dengan dokter, terkait dengan kondisi Anda. Ini karena setiap ibu hamil bisa berbeda pantangan dan anjuran dengan yang lainnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan