Mom
·
7 Desember 2020 19:15

Alasan Anak-anak Suka Main Boneka Binatang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Alasan Anak-anak Suka Main Boneka Binatang (8971)
Anak dengan Boneka Binatang. Foto: Getty Images
Bermain penting untuk perkembangan sensorik, motorik, sosial, dan psikologis anak. Karena pentingnya bermain, orang tua perlu memberi anak dukungan dan memastikan meraka punya waktu bermain yang cukup. Misalnya dengan menyediakan mainan anak yang sesuai dengan usianya.
ADVERTISEMENT
Salah satu mainan yang dapat diberikan pada anak adalah boneka. Main boneka, dapat memberi anak banyak manfaat, di antaranya melatih si kecil dalam berimajinasi dan lebih kreatif. Bentuknya bisa bermacam-macam. Meski umumnya, yang paling disukai anak adalah boneka binatang.
Tapi kenapa, anak cenderung menyukai boneka bentuk binatang?

Boneka Binatang dan Rasa Aman untuk Anak

Alasan Anak-anak Suka Main Boneka Binatang (8972)
Ilustrasi anak laki-laki dengan boneka. Foto: Shutterstock
Dilansir Romper, psikoterapis dan penulis buku anak-anak, Beth Tyson mengatakan bahwa anak-anak sangat menyukai boneka binatang karena menawarkan rasa aman, bisa diprediksi, dan memberikan kenyamanan.
"Coba pergi ke toko mainan mana pun dengan anak kecil. Kemungkinan besar Anda akan melihat mereka tertarik dengan tumpukan boneka binatang. Sama seperti orang dewasa, balita dan anak-anak mengalami kecemasan dan ketika mereka mengalaminya, ia akan mencari orang atau benda yang membuat mereka merasa mendapat dukungan. Seperti objek yang lembut dan nyaman dipeluk bisa meredakan ketakutan pada anak," paparnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Katie Lear, seorang konselor kesehatan juga mengatakan boneka biasanya menenangkan karena ini adalah permainan multi-indera. Anda bisa memperhatikan tekstur lembut dan halus ada. Bila Anda menyukainya, anak-anak tentu lebih senang, Moms.
"Salah satu studi menemukan bahwa 31% anak lebih menyukai boneka beruang lembut, sementara hanya 7% anak memilih mainan keras yang terbuat dari plastik. Anak-anak lainnya dalam penelitian ini memilih selimut atau kain perca," kata Tyson.

Membantu Anak Atasi Masa Sulit dalam Kehidupan Sosial

Alasan Anak-anak Suka Main Boneka Binatang (8973)
Anak dengan Boneka Binatang. Foto: Getty Images
Psikolog anak terkenal, Donald Winnicott yang mempelajari tentang perilaku anak juga menjelaskan mengapa banyak anak begitu tertarik dengan boneka binatang. Ia menemukan bahwa boneka sebagai objek transisi akan membantu anak menjembatani kesenjangan sosial ketika tidak ada orang tua mereka di sekitarnya. Boneka binatang mencerminkan kasih sayang dan perhatian orang tua.
ADVERTISEMENT
"Meskipun objek apapun dapat dipilih oleh seorang anak untuk menjadi objek transisi, anak-anak paling sering memilih mainan lunak atau selimut berbulu untuk tugas ini. Kelembutan mainan itu tampaknya sangat penting dan membantu mereka," ujar Lear.
Anak-anak tidak hanya terhibur oleh boneka binatang, tetapi juga mereka belajar soal keterampilan sosial-emosional yang penting ketika bermain dengannya. Tyson mengatakan anak sedang belajar empati, pengasuhan, dan perawatan ketika bermain itu.
"Mereka juga melatih keterampilan bahasa dan permainan imajinatif, yang sangat penting untuk perkembangan yang sehat," kata dia.
Alasan Anak-anak Suka Main Boneka Binatang (8974)
Anak dengan Boneka Binatang. Foto: Getty Images
Inilah sebabnya mengapa terapis sering menggunakan boneka binatang untuk membantu anak-anak menghidupkan kembali peristiwa yang membuat stres atau mengganggu sehingga mereka dapat memproses emosi mereka.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, mainan ini juga tetap memiliki kekurangan. Sebab si kecil yang sudah terlalu melekat pada objek transisinya ini, akan sulit lepas darinya.
"Jika memungkinkan, belilah mainan khusus anak Anda dengan jumlah banyak, dan simpan beberapa di tangan untuk berjaga-jaga. Sebab jika mainan utama mereka hilang atau harus melakukan perjalanan melalui cucian, ia tidak terlalu merasa kehilangan,” kata Lear.