Mom
·
20 November 2020 18:02

Anak Susah Tidur, Apakah karena Insomnia? Cek Faktanya di Sini!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Anak Susah Tidur, Apakah karena Insomnia? Cek Faktanya di Sini! (658148)
anak tidur - PTR Foto: Shutterstock
Tidur merupakan salah satu aktivitas yang penting untuk anak. Sama halnya dengan makan ataupun minum, anak butuh tidur agar tubuhnya beristirahat, segar dan mendapatkan energi baru. Oleh karena itu, penting bagi anak punya kualitas dan kuantitas tidur yang baik, salah satunya dengan tidur tepat waktu setiap malam.
ADVERTISEMENT
Tetapi mungkin saja, saat diajak tidur, si kecil masih ingin bermain dan selalu menolak untuk tidur. Bahkan ketika ia sudah merasa lelah pun, matanya tidak mau terpejam. Jika sudah begini, Anda mungkin bertanya-tanya: apakah ia hanya menolak tidur atau terkena gangguan tidur seperti insomnia?
Dr. Craig Canapari, seorang ahli tidur anak dari Yale dan penulis buku It's Never Too Late To Sleep Train mengatakan, bayi, anak-anak, dan remaja bisa saja mengalami insomnia. Menurut International Classification of Sleep Disorders, ada dua jenis gangguan insomnia berapa pun usianya.
"Yang pertama adalah kesulitan tidur, apakah sulit tidur, bangun terlalu pagi, tidak bisa tidur, atau orang tua memaksa anak untuk tidur. Dan yang kedua sangat umum terjadi pada anak-anak, yaitu karena ada masalah yang dialami oleh anak pada waktu tidur," kata dr. Craig seperti dikutip Romper.
Anak Susah Tidur, Apakah karena Insomnia? Cek Faktanya di Sini! (658149)
Anak insomnia Foto: Shutterstock

Perbedaan Insomnia dengan Susah Tidur pada Anak

Banyak orang tua yang salah kaprah terkait gangguan tidur pada anak ini. Padahal insomnia dan susah tidur adalah dua hal yang berbeda, Moms. Anak mungkin susah tidur karena orang tua menetapkan ekspektasi terlalu tinggi terkait jumlah jam tidur yang dibutuhkan anak.
ADVERTISEMENT
"Anak Anda yang berusia 2 tahun mungkin tidur 12 jam semalam dan tidur siang selama dua jam setiap hari. Tetapi jika Anda melihat anak Anda yang berusia 5 tahun untuk tidur kurang dari itu, Anda akan kecewa," kata Canapari.
Bila anak laki-laki Anda tidur siang selama dua jam setiap hari, dan malam hari tidur 10 jam, lalu anak perempuan Anda tidur selama dua jam di siang hari dan tidur nyenyak selama 13 jam pada malam hari, dan keduanya bangun jam 5 pagi setiap harinya, itu bukan insomnia ya, Moms.
Canapari menjelaskan bahwa tanda pertama insomnia pada anak adalah sulit untuk menuruti jadwal tidur, namun Anda harus tetap membuat anak mengikuti waktu tidurnya. Selain itu, anak tampak gelisah dan sulit memejamkan mata, serta selalu terbangun di malam hari saat ia berusia 6 hingga 9 bulan, bukanlah hal yang umum. Artinya si kecil memang mengalami insomnia, Moms.
ADVERTISEMENT
Rumah Sakit Anak Boston, Amerika Serikat juga mencatat bahwa insomnia pada anak dapat berasal dari gangguan tidur lainnya (seperti apnea tidur obstruktif atau sindrom kaki gelisah); kecemasan atau stres; kesehatan mental atau kondisi perkembangan seperti autisme, depresi, ADHD, atau asma obat-obatan tertentu (seperti antidepresan atau steroid); dan bahkan kafein,
Jika Anda melihat salah satu penyebabnya di atas, ada baiknya Anda mencoba untuk menghilangkan faktor tersebut. Sebab itu akan membantu anak untuk tidur lebih baik, Moms.
Anak Susah Tidur, Apakah karena Insomnia? Cek Faktanya di Sini! (658150)
Ilustrasi anak susah tidur Foto: Shutterstock

Cara Mengatasi Insomnia pada Anak

Untuk mengembalikan waktu tidur anak dengan efektif, ada beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua. Langkah pertama adalah periksakan kondisi si kecil ke dokter anak untuk melihat apakah pola tidur si kecil masih normal atau memang ada masalah medis yang menyebabkan ia insomnia.
ADVERTISEMENT
"Menyusun strategi sangat penting! Ingat, anak Anda mungkin bisa menutupi kekurangan tidurnya di kursi mobil saat bepergian, di penitipan anak dan lain sebagainya. Tapi Anda tidak bisa menjadi orang tua yang Anda inginkan jika kelelahan," ujarnya.
Anda juga bisa mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan anak Anda stres dan lain sebagainya. Berilah dia waktu untuk bersantai juga, Anda mungkin lelah, tetapi tidur juga penting untuk anak. Bicaralah dengan pengasuh anak Anda, dan buat rencana. Mungkin butuh waktu, tapi masih ada harapan untuk membuatnya bisa tidur dengan normal, Moms.