kumparan
24 Januari 2019 18:26

Bayi Usia 5 Bulan Belum Bisa Duduk Sendiri, Normalkah?

Ibu dan bayi
Ilustrasi bayi belajar duduk bersama ibu (Foto: Shutterstock)
Mengamati tumbuh kembang bayi dari hari ke hari tentu menyenangkan sekaligus membanggakan bagi orang tua. Apalagi jika si kecil berkembang sesuai dengan tahapan usianya.
ADVERTISEMENT
Namun Anda perlu ingat Moms, tiap bayi punya tahap perkembangan yang berbeda. Termasuk untuk mencapai fase duduk. Stimulasi dari Anda untuk membuatnya bisa duduk pun berperan.
Tapi bagaimana jika stimulasi sudah dilakukan tapi ia belum bisa duduk sendiri hingga usia 5 bulan? Apakah itu normal?
Menurut dokter anak dr Kurt Heyrman seperti dilansir dari laman Parents, orang tua sebaiknya tak perlu menggesa bayinya untuk mampu duduk sendiri. Sebab perkembangan motorik itu juga butuh waktu.
Mengutip laman Parents, sebelum duduk, bayi harus mampu mengangkat kepalanya, belajar menyeimbangkan tubuh, dan otot batang pada bagian atas tubuhnya harus cukup kuat.
Ibu menggendong bayi
Bayi yang digendong sambil berjalan jadi berhenti menangis (Foto: Shutterstock)
Sebagian bayi memang ada yang bisa duduk sendiri lebih awal, yakni mulai usia 4 bulan. Tapi ada pula bayi yang baru bisa duduk saat 9 bulan.
ADVERTISEMENT
Pada usia 4 bulan, sebagian bayi memang mencoba untuk duduk sendiri. Tapi kebanyakan, mereka belum bisa menyeimbangkan tubuh sehingga sering “nggeblak” dan kembali berbaring.
Baru pada usia 6 bulan, bayi mampu duduk sendiri tanpa selalu ditopang. Ototnya kini sudah cukup kuat. Pada usia 7 bulan, bayi Anda mungkin mampu bangkit untuk duduk dengan menekan perutnya. Namun kebanyakan bayi memang butuh bantuan untuk bangun ke posisi duduk hingga usia 11 bulan.
Ibu dan bayi.
Ibu dan bayi. (Foto: Shutterstock)
Melatih bayi untuk duduk memang penting. Bayi juga akan senang saat tahu bagaimana rasanya melihat dunia dalam posisi duduk . Dilansir What to Expect, jika bayi usia 9 masih sering jatuh saat didudukkan, bisa jadi ia memang kurang stimulasi. Biasanya karena bayi terlalu sering berbaring atau digendong.
ADVERTISEMENT
Jadi tak perlu khawatir Moms jika si kecil belum bisa duduk sendiri pada usia 5 bulan. Itu sangat normal, kok! Bayi Anda hanya butuh lebih banyak waktu untuk menguatkan otot-ototnya.
Yang penting Anda harus memberikan stimulasi yang tepat. Misalnya dengan menopang ketiak bayi saat ia belajar duduk atau mendudukkan si kecil di high chair khusus bayi.
-----------------------------------------
Moms, yuk, pantau terus tumbuh kembang si kecil dengan mengikuti topik Tumbuh Kembang Bayi yang khusus disiapkan kumparanMOM. Dalam topik itu, kami akan membahas tahapan tumbuh kembang bayi perbulan disertai dengan berbagai artikel menarik lainnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan