Mom
·
30 September 2020 11:16

Bisakah Melahirkan Normal setelah Caesar?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bisakah Melahirkan Normal setelah Caesar? (83366)
Ilustrasi melahirkan. Foto: Shutter Stock
Ingin bisa melahirkan normal setelah pernah operasai caesar? Anda tak sendiri, Moms! Banyak ibu hamil yang juga punya harapan sama.
ADVERTISEMENT
Namun tak sedikit juga ibu hamil yang lantas memendam bahkan menghapus keinginan ini karena ragu atau khawatir. Mereka tidak yakin apakah bisa melahirkan normal setelah operasi caesar. Sebab di tengah masyarakat pun lazim terdapat dua pendapat. Ada yang bilang bisa, ada juga yang bilang tidak bisa atau berbahaya.
Mana yang benar?
Moms, terkait hal ini, sebaiknya kita mencari informasi yang benar dari ahli yang memang mengerti. Yuk, baca terus artikel ini.

VBAC: Melahirkan Normal Setelah Caesar

Bisakah Melahirkan Normal setelah Caesar? (83367)
Bisakah Melahirkan Normal setelah Caesar? Foto: Shutterstock
Menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Dinda Derdameisya, SpOG, bisa-bisa saja kok melahirkan normal setelah pernah menjalani operasi caesar. Pepatah lama yang mengatakan 'sekali operasi caesar, selamanya akan operasi caesar' kini bisa saja tidak berlaku bagi banyak wanita.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, kondisi itu biasanya dikenal dengan istilah Vaginal Birth After Caesarean atau VBAC. Tingkat keberhasilan VBAC pun cukup besar, namun bukan berarti tanpa risiko. Risiko maupun tingkat keberhasilan VBAC sangat terkait dengan riwayat persalinan, riwayat kesehatan Anda, dan kondisi kesehatan Anda saat hamil.
"Lahir normal sebelumnya caesar itu namanya VBAC, itu dari data sampai saat ini memiliki angka utuh atau pecah rahim, jadi rahim itu kan pas anak pertama dijahit, dibuka, dijahit terus ditutup lagi. Risiko bisa pecah lagi bisa kebuka lagi pada saat persalinan itu hanya 0,1 persen. Itu sebenarnya rendah banget, tapi tetap ada risiko," ujar dr. Dinda Derdameisya, SpOG, saat ditemui kumparanMOM, beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
dr. Dinda juga menjelaskan, sebelum memutuskan untuk melakukan VBAC, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Apa saja?

Syarat Melahirkan Normal bila Pernah Bersalin Caesar

Bisakah Melahirkan Normal setelah Caesar? (83368)
Ilustrasi melahirkan caesar. Foto: Shutter stock
Menurut dr. Dinda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan atau menjadi syarat bila ibu hamil ingin melahirkan normal dengan riwayat pernah bersalin caesar. Di antaranya:
1.Kehamilan harus mulus
Yang dimaksud kehamilan harus mulus, adalah kontraksi tidak boleh dipicu oleh induksi, tidak boleh pecah ketuban, dan posisi kepala bayi di bawah atau tidak sungsang.
2.Kenali penyebab sebelumnya operasi caesar
Jika saat operasi caesar sebelumnya tidak ada pembukaan menjelang persalinan, kemungkinan besar hal tersebut akan berulang pada persalinan kedua.
"Kalau waktu persalinan anak pertama mandek di pembukaan 7 misalnya, berat bayinya berapa? Misal 3200 gram, berarti yang ini ada kemungkinan macet juga," jelas dokter yang praktik di di RS Brawijaya Antasari, Jakarta Selatan.
Bisakah Melahirkan Normal setelah Caesar? (83369)
Ilustrasi bekas jahitan operasi caesar. Foto: Shutter Stock
3.Jarak Persalinan Caesar Sebelumnya
ADVERTISEMENT
Sebelum memutuskan untuk melakukan VBAC, pastikan juga jarak persalinan caesar sebelumnya berkisar 18-24 bulan. Selain itu, boleh tidaknya melakukan VBAC harus bergantung pada dua hal, yaitu kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan. Misalnya saja, ibu tidak mengalami kondisi preeklamsia atau plasenta previa.
Sehingga, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter Anda, apakah memungkinkan atau tidak untuk melahirkan normal setelah pernah operasi caesar.