Mom
·
18 November 2020 12:03

Bolehkah Wajah Bayi Diberi Bedak?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bolehkah Wajah Bayi Diberi Bedak? (12039)
Bolehkah Wajah Bayi Diberi Bedak? Foto: Shutterstock
Moms, apakah Anda terbiasa menaburkan bedak di tubuh bayi setelah mandi? Bila ya, Anda tidak sendiri. Memberi si kecil bedak bayi memang umum dilakukan banyak orang tua bahkan telah menjadi kebiasaan turun menurun di masyarakat Indonesia.
ADVERTISEMENT
Tubuh bayi biasanya diberi bedak agar kulitnya wangi dan segar. Ada juga orang tua yang melakukannya dengan tujuan mencegah bayi berkeringat.
Tak hanya tubuh, beberapa orang tua juga membedaki wajah bayi. Wah, makin cemong atau putih wajah si kecil, makin menggemaskan!
Tapi sebenarnya, bolehkah tubuh dan wajah bayi dibedaki?

Kata Dokter tentang Membedaki Wajah Bayi

Bolehkah Wajah Bayi Diberi Bedak? (12040)
Bedak tabur untuk bayi. Foto: Shutterstock
Pada laman resmi Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoksi) dijelaskan, pada dasarnya bedak dapat melindungi kulit bayi yang masih sensitif. Bedak juga dapat berguna bila ada gesekan pada kulit bayi dan menjaganya agar tak mudah lecet.
Beberapa kandungan bedak pun ditengarai dapat memberikan efek sejuk dan menyerap keringat berlebih pada bayi. Sehingga sebenarnya penggunaan bedak bayi boleh-boleh saja dan tidak dilarang.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, orang tua perlu memastikan, saat dibedaki, kulit bayi tidak sedang mengalami iritasi atau reaksi alergi. Perlu diketahui juga, ada beberapa bagian tubuh bayi yang sebaiknya tidak dibedaki, Moms. Salah satunya bagian wajah.
The American Academy of Pediatrics menyatakan, pemakaian bedak di sekitar hidung berisiko menyebabkan masalah pada sistem pernapasan dan gangguan serius pada paru-paru, bila bayi menghirup serbuk pada bedak, terutama yang bertekstur bubuk.

Alternatif Bila Ingin Membedaki Wajah Bayi

Bolehkah Wajah Bayi Diberi Bedak? (12041)
Bolehkan Wajah Bayi Dikasih Bedak? Foto: Shutterstock
Tetap ingin membedaki wajah bayi? Cobalah gunakan bedak cair, Moms. Bedak jenis ini lebih aman dan tidak menimbulkan risiko gangguan pernapasan karena teksturnya tidak mengandung partikel.
Tapi sebelum memakaikan bedak pada wajah bayi, teliti dulu kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut. Pastikan bayi Anda tidak alergi terhadap kandungan-kandungan itu. Bila Anda tidak yakin, pilihlah produk yang telah teruji secara klinis untuk bayi.
ADVERTISEMENT
Dokter kulit juga menyarankan Anda mengamati tanda-tanda bayi mengalami iritasi akibat bedak yang Anda berikan, Moms. Apa saja tandanya?

Tanda-tanda Bayi Alami Iritasi Akibat Bedak

Bolehkah Wajah Bayi Diberi Bedak? (12042)
Ciri-ciri bayi alami iritasi akibat diberi bedak Foto: Shutterstock
Cermati bila setelah diberi bedak kulit bayi jadi kemerahan, terdapat bengkak atau bruntusan di area yang dipakaikan bedak, kulit bayi terasa panas atau bayi menangis dan rewel, terutama saat dipakaikan bedak. Ini bisa jadi tanda bayi mengalami iritasi!
Kalau hal ini terjadi, segera hentikan pemakaian bedak pada bayi Anda dan bila perlu periksakan bayi ke dokter yang Anda percaya.