kumparan
24 Juli 2019 10:00

Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus untuk MPASI Bayi

alpukat
alpukat Foto: Shutterstock
Alpukat adalah pilihan tepat untuk MPASI bayi. Ya Moms, alpukat kaya akan protein, vitamin, mineral penting dan bahkan lemak baik untuk membantu otak bayi Anda. Kita perlu mengetahui, otak bayi membutuhkan lemak untuk bisa bekerja dengan baik.
ADVERTISEMENT
Asyiknya lagi, tak hanya sehat alpukat juga lezat. Bila disajikan sebagai MPASI, kemungkinan besar bayi akan langsung menyukainya. Apalagi tekstur alpukat juga kental tapi lembut. Tinggal pastikan saja Anda memilih alpukat dengan benar.
Bagaimana caranya?
Bisnis Alpukat ‘Avocadron’ milik Karlina Sembiring
Ilustrasi memilih alpukat untuk MPASI bayi
Jika ingin membeli alpukat yang matang dan siap dimakan, carilah yang memiliki kulit bergelombang dengan warna hijau gelap. Tekan dengan lembut buahnya, alpukat yang baik harus terasa empuk saat ditekan tapi cukup padat. Alpukat yang terlalu keras tandanya belum matang, sementara yang terasa lunak atau lembek artinya sudah terlalu matang.
Ilustrasi Biji Alpukat
Ilustrasi buah alpukat Foto: Shutterstock/J.chizhe
Ada juga cara lain yang bisa Anda coba untuk memeriksa dengan cepat apakah alpukat sudah matang atau justru sudah terlalu matang. Lihat saja di sekitar batang buahnya, Moms! Warna kuning menunjukkan bahwa buahnya sudah matang, sedangkan cokelat berarti alpukat sudah terlalu matang dan cokelat di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Perhatikan juga daging buah saat Anda telah memotongnya menjadi dua. Lihat, apakah daging bagian dalamnya berwarna hijau cerah yang semakin kekuningan seperti mentega ke arah biji? Bila ya, ini adalah indikasi yang baik bahwa Anda telah memilih alpukat yang sempurna untuk MPASI bayi tercinta.
makanan bayi
makanan bayi dari buah alpukat Foto: shutterstock
Lantas bagaimana bila alpukat yang Anda beli belum matang? Coba membantu alpukat matang lebih cepat dengan memasukkannya ke dalam kantong kertas (biasanya berwarna cokelat) dan jangan menempatkannya di lemari es! Lalu periksa kematangan secara teratur. Bila sudah matang, alpukat pun siap untuk Anda olah jadi MPASI bayi.