Mom
·
17 November 2020 14:47

Cari Inspirasi Nama Bayi? Cek Nama 10 Anak Seleb yang Lahir Tahun 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cari Inspirasi Nama Bayi? Cek Nama 10 Anak Seleb yang Lahir Tahun 2020 (10920)
Nama bayi selebriti Tanah Air yang lahir di tahun 2020 Foto: Instagram/@imagenic via @citraciki dan @rittarrajagukguk via @airrumiakbar1453
Tahun 2020, menjadi momen yang paling berkesan dan bahagia bagi beberapa pasangan selebriti Tanah Air. Ya Moms, banyak dari mereka yang dikaruniai buah hati. Ada yang melahirkan anak pertama, kedua, atau bahkan kelima di tahun ini. 
ADVERTISEMENT
Mereka pun memberi nama bayi dengan makna yang penuh arti. Tentu saja, dalam sebuah nama terdapat doa atau harapan sang orang tua untuk masa depan si kecil kelak. 
Lantas, siapa saja nama bayi selebriti Tanah Air yang lahir tahun 2020? Berikut kumparanMOM sudah merangkumnya untuk Anda. Yuk, dicek!

Nama Bayi Selebriti Tanah Air yang Lahir Tahun 2020

1. Claire Herbowo, Anak Shandy Aulia

Cari Inspirasi Nama Bayi? Cek Nama 10 Anak Seleb yang Lahir Tahun 2020 (10921)
Shandy Aulia bersama anaknya. Foto: Instagram/@shandyaulia
Selama lebih dari 7 tahun menikah dengan David Herbowo, pemain film Shandy Aulia akhirnya dikaruniai anak pertama pada 12 Februari 2020 pukul 04.53 WIB. Bayi berjenis kelamin perempuan itu diberi nama Claire Herbowo. Dalam bahasa Prancis, Claire berasal dari kata Clara yang artinya cerah atau bersih. Sedangkan Herbowo merupakan nama belakang dari sang ayah, David Herbowo. Herbowo sendiri mempunyai makna orang yang secara alamiah mendatangkan uang atau rezeki.
ADVERTISEMENT

2. Lucas Asaf Ambarita, anak Acha Sinaga

Cari Inspirasi Nama Bayi? Cek Nama 10 Anak Seleb yang Lahir Tahun 2020 (10922)
Acha Sinaga dan anaknya, Lucas. Foto: Instagram/@achasinaga
Pada 10 Maret lalu, Acha Sinaga dan sang suami, Andy Ambarita dikaruniai bayi berjenis kelamin laki-laki. Si kecil yang lahir dengan berat 3,85 kilogram itu lahir secara normal di salah satu rumah sakit di Australia. Anak dari pasangan ini pun diberi nama Lucas Asaf Ambarita.
Nama Lucas rupanya memiliki arti dalam beberapa bahasa. Dalam bahasa Spanyol misalnya, Lucas merupakan bentuk lain dari Lucero yang artinya pembawa terang. Sedangkan, dalam bahasa Latin mempunyai arti cahaya.
Adapun Asaf dalam bahasa Kristiani mengandung arti saat kelimpahan dan Ambarita adalah nama belakang dari ayahnya, Andy Ambarita --yang juga salah satu marga dari suku Batak. 

3. Anaku Tarisma Jingga, Anak Andien Aisyah

ADVERTISEMENT
Penyanyi jazz Andien Aisyah kembali dikaruniai anak kedua berjenis kelamin laki-laki pada 1 Mei lalu pukul 22.28 WIB. Bayi yang diberi nama Anaku Tarisma Jingga (Tabi) tersebut lahir dengan berat 3,7 kilogram dan panjang 51 cm.
Kala itu, Andien pun menjelaskan tentang arti nama anak keduanya di salah satu unggahan di Instagram pribadinya. Ia menjelaskan bahwa nama depan si kecil diambil dari bahasa Jepang yang berarti kedamaian.
"Anaku Tarisma Jingga (Tabi): Anaku (Japanese): Peace from the south," tulisnya
Sementara Tara diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti cahaya. Atau bisa juga Talisman yang diambil dari bahasa Inggris yang bermakna suatu objek yang mempunyai kekuatan magis.
"Tara (sanskrit): The light of the soul. Talisman (english): An object that is thought to have magic powers and to bring good luck," tulis pelantun 'Gemintang' tersebut.
ADVERTISEMENT
Sedangkan Jingga yang diambil dari bahasa Indonesia bermakna suatu warna yang mempunyai energi dan karakteristik yang mengalir.
"Jingga (Indonesian): Orange is the color that symbolizes the sacral chakra. It is associated with the emotional body, sensuality, and creativity. Its element is water and as such, its energy is characterized by flow and flexibility," tulisnya lagi.
Lalu, panggilan Tabi diambil dari bahasa Jepang yang berarti perjalanan. "Tabi (Japanese): Journey," tutupnya.

4. Numa Kamala Srikandi, Anak Mona Ratuliu

Cari Inspirasi Nama Bayi? Cek Nama 10 Anak Seleb yang Lahir Tahun 2020 (10923)
Mona Ratuliu dan bayinya, Numa. Foto: Instagram/@monaratuliu
Pasangan selebriti Mona Ratuliu dan Indra Brasco kembali dikaruniai anak keempat pada 20 Mei 2020. Bayi berjenis kelamin perempuan itu dinamai Numa Kamala Srikandi. Dalam salah satu unggahan video di YouTube keluarga mereka, Mona menjelaskan bahwa Numa diambil dari Bahasa Arab yang memiliki arti indah, cantik, dan menyenangkan. Sedangkan, Kamala, memiliki beberapa arti.
ADVERTISEMENT
"Kamala itu artinya tersayang itu di Bahasa Hawaii. Ada Bahasa Indianya juga itu adalah teratai. Bunga teratai, berarti indah juga dong, dan menyenangkan juga lihat teratai. Dalam Bahasa Sansekerta, Kamala itu adalah feminim," ucap Indra Brasco.
Dari berbagai bahasa, Kamala memiliki makna yang positif. Namun, Mona dan Indra memutuskan untuk mengambil nama Kamala dalam Bahasa Hawaii yang berarti tersayang.
Sementara itu, berdasarkan penelusuran Mona, diketahui Srikandi merupakan salah satu tokoh pewayangan yang dikenal sebagai pejuang wanita. Alhasil, jika digabungkan nama Numa Kamala Srikandi memiliki nama makna yang mendalam.
"Jadi sebenarnya kalau Numa Kamala Srikandi penginnya tuh rangkaiannya cantik dan menyenangkan. Tersayang namun perkasa," ujar Mona Ratuliu.

5. Bhaj Kama Bramantyo, Anak Zaskia Adya Mecca

ADVERTISEMENT
Pada 3 Juli lalu pukul 06.11 WIB, Zaskia Adya Mecca melahirkan anak kelimanya, buah cintanya dengan Hanung Bramantyo. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu bernama Bhaj Kama Bramantyo. Di salah satu unggahan di akun Instagram pribadinya, Zaskia mengungkap arti nama si kecil.
"Bhaj Kama Bramantyo yang artinya mengikatkan diri kepada Allah dengan penuh cinta," tulisnya.

6. Gala Sky Andriansyah, Anak Vanessa Angel

Vanessa Angel melahirkan anak pertamanya berjenis kelamin laki-laki pada 14 Juli lalu. Buah cintanya dengan Bibi Ardiansyah itu lahir dengan berat 3,3 kilogram pada pukul 05.51 WIB. Ia pun diberi nama Gala Sky Andriansyah oleh kedua orang tuanya.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Gala mempunyai arti pertama atau perdana. Sedangkan, dalam bahasa Sansekerta, Gala bermakna pemberani. Nah, untuk nama Sky dalam bahasa Inggris berarti langit. Ada pun arti nama Sky dalam bahasa India mempunyai arti anak yang lahir dalam keadaan suci alias tidak berdosa.
ADVERTISEMENT
Terakhir, Ardiansyah merupakan nama belakang dari sang ayah, Bibi Ardiansyah. Akan tetapi, Ardiansyah rupanya juga memiliki beberapa makna. Dalam bahasa Indonesia, Ardiansyah berarti raja bumi. Kemudian, nama ini juga salah satu nama bayi Islami yang bermakna besar dan yang benar. Harapannya, agar anak laki-laki bisa tumbuh menjadi seorang yang dihormati, baik hati, dan pintar. 

7. Shaquille Kaili Danuarta, Anak Cut Meyriska

Cari Inspirasi Nama Bayi? Cek Nama 10 Anak Seleb yang Lahir Tahun 2020 (10924)
Bayi Cut Meyriska dan Roger Danuarta. Foto: Instagram/@shaquillekailidanuarta
Shaquille Kaili Danuarta, merupakan nama bayi dari pasangan Cut Meyriska dan Roger Danuarta yang lahir pada 17 Juli lalu pukul 08.20 WIB. Bayi yang lahir lewat persalinan normal ini lahir dengan panjang 50 cm dan beratnya 3,1 kilogram. Roger dan Meyriska menjelaskan bahwa nama tersebut merupakan perpaduan dari budaya Arab dan Tionghoa.  
ADVERTISEMENT
"Shaquille itu dari bahasa Arab yang artinya tampan," ungkap Cut Meyriska ketika melakukan konferensi pers di RSIA Bunda Jakarta, Selasa (21/7).
"Kalau Kaili itu dari bahasa Tionghoa yang artinya kuat, bertahan, dan kemakmuran. Kalau Danuarta dari saya," sambung Roger.
Dan Danuarta merupakan nama belakang dari sang ayah, Roger Danuarta. Secara umum, Danuarta sendiri mempunyai arti seseorang yang memiliki kemauan keras, bakat bisnis, dan wibawa. 

8. Cara Rose, Anak Rianti Cartwright

Aktris sekaligus mantan VJ MTV, Rianti Cartwright dikaruniai anak perempuan pada 25 Juli lalu. Buah cinta pertamanya dengan Cassanova Alfonso Nainggolan itu bernama Cara Rose Kanaya Nainggolan. Dalam beberapa bahasa, Cara memiliki banyak arti. Misalnya saja dalam bahasa Italia, Cara artinya anak perempuan yang dicintai/disayangi. Sementara di Irlandia, artinya teman.
ADVERTISEMENT
Kemudian, Rose dalam bahasa Latin mempunyai arti bunga mawar. Lalu, Kanaya merupakan nama bayi yang berasal dari Jepang yang bermakna cantik. Terakhir, Nainggolan adalah nama belakang ayahnya yang juga merupakan salah satu marga suku Batak.

9. Keene Atharrazka Adhitya, Anak Citra Kirana

Cari Inspirasi Nama Bayi? Cek Nama 10 Anak Seleb yang Lahir Tahun 2020 (10925)
Rezky Aditya dan Citra Kirana bersama anak pertama mereka. Foto: Instagram/@imagenic via @citraciki
Pasangan selebriti Citra Kirana (Ciki) dan Rezky Aditya dikaruniai anak pertama pada 28 Agustus lalu. Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut bernama Keene Atharrazka Adhitya. Dalam konferensi pers di RS Bina Medika Bintaro, sang ayah mengungkapkan arti nama si kecil.
"Keene itu dari bahasa Celtic artinya ganteng. Atharrazka artinya beruntung. Kita berharap berdua kalau Keen Atharrazka orang yang ganteng dan beruntung," kata Rezky, Minggu (30/8).
Sama halnya dengan beberapa selebriti lain, nama belakang si kecil, Aditya juga diambil dari nama ayahnya, Rezky Aditya. Ada pun dalam bahasa Sansekerta, Aditya artinya matahari. 
ADVERTISEMENT
10. Air Rumi Akbar 1453, Anak Irish Bella
Cari Inspirasi Nama Bayi? Cek Nama 10 Anak Seleb yang Lahir Tahun 2020 (10926)
Ammar Zoni bersama Irish Bella dan anak mereka, Air Rumi Akbar 1453. Foto: Oxygen Entertainment
Irish Bella dan Ammar Zoni dikaruniai anak pertama berjenis kelamin laki-laki pada 18 September lalu. Bayi yang lahir dengan berat 3,4 kilogram dan panjang 48 cm itu bernama Air Rumi Akbar 1453. Ammar Zoni pun mengungkapkan arti nama si kecil dalam konferensi persnya kala itu. Secara filosofi, ia ingin Air menjadi anak yang dapat memberikan manfaat untuk orang lain.
Sedangkan untuk Rumi, Ammar Zoni mengatakan bahwa hal tersebut terinspirasi dari tokoh sufi Jalaluddin Rumi. Sehingga, ia berharap kelak si kecil bisa memiliki sifat seperti seseorang yang diidolakannya itu --mencintai Allah dan juga mencintai orang di sekitarnya. Dalam bahasa Sansekerta, Rumi sendiri mempunyai arti tampan.
ADVERTISEMENT
Kemudian, Akbar berasal dari nama asli sang ayah, yaitu Muhammad Ammar Akbar. Dalam bahasa Sansekerta, Akbar berarti seseorang yang lahir dari raja muslim. Terakhir, pasangan ini memberi angka di akhir nama si kecil. 
Ya Moms, 1453, menurut penuturan Ammar merupakan tahun di mana Sultan Muhammad Al-Fatih menaklukkan Konstantinopel (sekarang Istanbul atau Turki). Di tahun tersebut, Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa akan ada seorang pemimpin yang sebaik-baiknya pemimpin dan pasukan yang akan menaklukkan kota tersebut. Mereka pun berharap, si kecil dapat menjadi penakluk yang bisa membawa sebuah perubahan besar dalam hidup maupun negaranya.