Mom
·
12 Juni 2020 9:48

Doa untuk Ibu Hamil, Suami Juga Wajib Baca!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Doa untuk Ibu Hamil, Suami Juga Wajib Baca! (731278)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Shutterstock
Setiap ibu hamil tentu mengharapkan kehamilannya dapat berjalan dengan lancar hingga momen persalinan tiba. Berbagai upaya pun dilakukan, mulai dari mengonsumsi makanan bergizi hingga menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, jangan lupa juga, ya, Moms, untuk berdoa pada Allah SWT agar Anda dan janin selalu diberikan kesehatan.
ADVERTISEMENT
Ustaz Rikza Maulan, Lc., M.Ag menuturkan bahwa saat hamil adalah momen yang sangat baik dan tepat untuk berdoa kepada Allah SWT. Sebab, ibu hamil sedang menunaikan amanah dari Allah SWT untuk memiliki keturunan dan juga merupakan sunnah dari Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan umatnya untuk memiliki keturunan.
Bahkan, dalam sebuah hadis Nabi Muhammad mengatakan, "aku bangga (pada hari akhir kelak) karena banyaknya keturunan dari kalian," (HR. Abu Daud).
Doa untuk Ibu Hamil, Suami Juga Wajib Baca! (731279)
searchPerbesar
Ilustrasi perempuan hamil. Foto: Pixabay
Di samping itu, saat sedang hamil, seorang wanita biasanya mengalami berbagai macam keluhan. Mulai dari lelah, lesu, mual muntah (morning sickness), dan berbagai hal lainnya. Sebagaimana dalam QS Lukman:14 diibaratkan dengan istilah 'wahnan ala wahnin' (lemah yang bertambah-tambah).
"Karena beratnya kondisi seorang ibu saat kehamilan, terkadang sulit tidur, sulit beraktivitas, rasa sakit, rasa tidak nyaman, rasa pegal, dan berbagai kondisi lainnya yang membuatnya tidak nyaman," kata Ustaz Rikza kepada kumparanMOM, Kamis (11/6).
ADVERTISEMENT
Namun, pada saat itulah, masih kata Ustaz Rikza, seorang ibu bisa sabar dan rida dengan kondisi yang ada. Maka, ia pun akan mendapatkan keutamaan yang banyak. Di antaranya akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT, dan juga akan menjadi wasilah (perantara) untuk dikabulkannya doa.
Doa untuk Ibu Hamil, Suami Juga Wajib Baca! (731280)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil dan suami beragama Islam membaca Al Quran. Foto: Shutterstock
Lantas, adakah doa khusus yang bisa dipanjatkan oleh ibu hamil?
Pada dasarnya, tak ada doa khusus untuk ibu hamil, Moms. Tapi, Anda atau suami memang dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Quran. Ya, suami juga memiliki peran penting di sini. Apabila suami membaca Al-Quran, sebaiknya dapat mendekat ke istrinya supaya sang istri juga bisa mendengar lantunan ayat suci Al-Quran yang dibacanya. Demikian juga dengan bayi di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
"Istri pun saat sedang banyak sendirian di rumah ketika hamil dianjurkan membaca Al-Quran sendiri. Usai membacanya, dapat berdoa meminta kepada Allah agar anak yang dikandungnya menjadi anak yang saleh/saleha," kata Ustaz yang juga berprofesi sebagai dosen di Universitas Muhammadiyah Jakarta ini.
Selain itu, Anda juga dapat membaca zikir ketika pagi dan sore hari. Adapun bacaan atau doa zikir yang dapat Anda baca berasal dari kumpulan zikir pagi petang, zikir al-ma'tsurat, atau kumpulan zikir-zikir lainnya, maupun zikir-zikir apa saja yang Anda hafal. Misalnya membaca 'subhanallah wabihamdihi illallah wallahu akbar' sebanyak 100 kali atau membaca 'subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim' sebanyak 100 kali.
Doa untuk Ibu Hamil, Suami Juga Wajib Baca! (731281)
searchPerbesar
ibu hamil berhijab Foto: Shutterstock
Setelah membaca Al-Quran atau zikir, Anda dan suami pun dianjurkan untuk membaca doa-doa berikut ini.
ADVERTISEMENT
رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاء
(Rabbi habli min ladunka dzurriyatan thayyibatan innaka sami'ud du'aa')
Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa." (QS. Ali Imran: 38)
Kemudian doa:
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَاماً
(Rabbanā hab lanā min azwājinā wa żurriyyātinā qurrata a'yuniw waj'alnā lil-muttaqīna imāmā)
Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-Furqan:74)
Kemudian doa:
رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ
(Rabbi hab lī minaṣ-ṣāliḥīn)
Artinya: "Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh." (QS. As-Shaffat:100)
Doa untuk Ibu Hamil, Suami Juga Wajib Baca! (731282)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil dan suami beragama Islam. Foto: Shutterstock
"Selain doa-doa itu, boleh juga berdoa dengan bahasa Indonesia misalnya dengan doa 'Ya Allah, jadikanlah kelak anak yang dalam kandunganku menjadi anak yang saleh, ikhlas, bertakwa, membanggakan kedua orang tuanya di dunia dan akhirat," tambah Ustaz Rikza.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, selama kehamilan perbanyaklah berdoa, berzikir dan membaca Al-Quran. Harapannya agar semua hal-hal baik yang orang tua inginkan bisa dikabulkan oleh Allah SWT.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020