kumparan
24 Agustus 2019 14:05

Ibu Hamil, Ini 8 Cara Ciptakan Bonding dengan Bayi di Dalam Kandungan

Ibu Hamil
Ilustrasi ibu hamil sedang membangun bonding dengan bayi di dalam kandungan. Foto: Shutterstock
Tak perlu menunggu kelahirannya dulu untuk mulai ciptakan bonding antara ibu dan bayi. Sebab, ikatan tersebut dapat mulai dibangun sejak si kecil masih berada di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Mengapa bonding menjadi sangat penting? Laman Parenting melansir, Deepak Chopra, MD, seorang ahli endokrinologi, mengungkap bahwa ikatan emosional yang kuat antara ibu dan bayinya bisa membantu cegah penyakit, meningkatkan kekebalan, dan meningkatan IQ anak, Moms.
Nah, apa saja yang bisa ibu hamil lakukan untuk membangun bonding? Berikut 8 caranya dikutip dari American Pregnancy:
ibu hamil
ilustrasi ibu hamil dan calon ayah Foto: Shutterstock
1. Bernyanyilah!
Ketika bernyanyi, bayi bisa mengetahui suara Anda dari getaran dan itu bisa menenangkan ia pula, Moms. Nyanyikanlah beberapa lagu anak-anak, lagu favorit Anda, atau bisa juga bersenandung. Bayi secara alami akan mengenali suara-suara itu juga begitu mereka lahir.
2. Membaca
Tidak terlalu cepat untuk mulai membacakan buku bagi bayi, meski ia belu lahir. Lagi-lagi, suara Anda yang bisa ia dengar itu bisa menenangkan ia. Bacakanlah buku anak-anak setiap malam atau kapanpun itu.
ADVERTISEMENT
3. Mengajaknya ngobrol
Siapa bilang bayi dalam kandungan diam saja saat Anda ajak bicara? Perhatikan Moms, saat ajak ia mengobrol, ia merespon dengan bergerak hingga menendang.
Panggil ia dengan panggilan sayang yang Anda ciptakan sendiri dan yang terpenting, jangan lupa untuk selalu mengucapkan 'Aku menyayangimu' lebih sering. Tujuannya agar dia tahu Anda sangat menginginkannya.
Ibu hamil berhijab
Ilustrasi ibu hamil mengajak bayi di dalam kandungan mengobrol. Foto: Shutterstock
4. Merenung
Moms, cobalah untuk diam sejenak dan rasakan detak jantungnya dalam perut Anda. Pada saat ini ia sedang fokus pula dengan detak jantung Anda. Dengan demikian, membuatnya saling terkoneksi.
5. Menggosok perut
Usaplah perut Anda sesering mungkin saat berbicara padanya. Saat itu, Anda bisa memberitahu mereka tentang harapan dan impian, ketika mereka lahir dan tumbuh dewasa nanti. Selain membangun bonding, mengelus sambil mengoles minyak zaitun juga bisa mencegah strechmark.
ADVERTISEMENT
6. Menulis jurnal
Mulailah menulis jurnal saat Anda hamil. Lalu bacakan tulisan-tulisan tersebut dengan padanya. Ceritakan yang Anda temui dan lakukan hari demi harinya pada bayi di dalam kandungan. Ketika ia sudah lahir dan tumbuh besar, Anda bisa membaca ulang jurnal tersebut bersamanya. Menyenangkan!
Ibu Hamil Olahraga
Ibu Hamil Olahraga Foto: Shutter Stock
7. Melakukan yoga
Gerakan yoga prenatal yang mudah, peregangan, berjalan, atau berenang, akan membuat bayi dalam kandungan merasa tenang. Selain itu, melakukan yoga juga baik untuk Anda karena bisa mencegah stres saat hamil.
8. Ajak keluarga untuk berkomunikasi juga
Moms, Anda juga bisa mengajak suami dan keluarga untuk berkomunikasi dengan bayi di dalam kandungan lho. Semakin sering ia diajak berbicara, ketika lahir ia sudah familiar dengan suara-suara tersebut. Dan ikatan pun akan terbangun dengan sendirinya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan