Mom
·
29 November 2019 16:15

Ibu yang Baru Melahirkan Tidak Boleh Keramas, Mitos atau Fakta?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ibu yang Baru Melahirkan Tidak Boleh Keramas, Mitos atau Fakta?  (237257)
Keramas PTR Foto: Shutterstock
Anda mungkin pernah mendengar berbagai pantangan yang harus diikuti setelah melahirkan. Salah satunya adalah kepercayaan bahwa ibu baru boleh keramas setelah 30 hari usai melahirkan.
ADVERTISEMENT
Konon katanya, melahirkan membuat pori-pori kulit terbuka lebar, Moms. Sehingga, bila Anda mandi maka dapat menyebabkan tubuh mudah masuk angin dan jangka panjangnya menimbulkan rematik di hari tua.
Namun, benarkah hal itu?
Ibu yang Baru Melahirkan Tidak Boleh Keramas, Mitos atau Fakta?  (237258)
ilustrasi wanita keramas Foto: shutterstock
Menurut Dokter Spesialis Kandungan, dr. Darrell Fernando, SpOG., hal itu hanyalah mitos, Moms. Justru sebaliknya, setelah melahirkan Anda harus menjaga kebersihan diri.
“Habis lahiran normal maupun operasi (caesar) justru harus mandi dan keramas,” tulis dokter yang praktik di RSUD Lubuk Basung, Sumatera Barat ini di akun Instagram-nya.
Selain hanya mitos belaka, tidak membersihkan rambut dalam waktu lama setelah melahirkan juga dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut menjadi tidak bersih. Hal itu bisa menimbulkan bau yang kurang sedap, sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman dan berisiko dapat menyebabkan penyakit kulit.
ADVERTISEMENT
Selain diperbolehkan keramas, dilansir Parenting First Cry, setelah melahirkan dokter juga merekomendasikan ibu untuk mandi. Sebab mandi dapat memberikan kesempatan tubuh untuk memulai prosedur penyembuhan luka usai persalinan, membuat area sekitar vagina menjadi bersih serta mengurangi infeksi.
Ibu yang Baru Melahirkan Tidak Boleh Keramas, Mitos atau Fakta?  (237259)
Sampo dan kondisioner Foto: dok. Freepik
Apalagi untuk ibu yang melahirkan secara normal, Anda boleh mandi kapanpun Anda mau. Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati saat hendak mandi ataupun keramas karena khawatir kondisi belum pulih sehingga bisa saja terjatuh.
Sementara ibu yang melakukan operasi caesar, ada dokter yang menyarankan untuk fokus terlebih dahulu dalam penyembuhan luka. Alhasil Anda diminta menunda hasrat ingin mandi pada hari pertama usai melahirkan.
Yang jelas, Moms, apapun kondisi Anda, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter setelah melahirkan. Nantinya dokter akan memberikan arahan terbaik untuk Anda. Apabila Anda dirasa kurang fit, dokter mungkin akan menyarankan Anda membersihkan diri dengan bantuan suami ataupun perawan di rumah sakit.
ADVERTISEMENT