Mom
·
22 November 2020 12:01

Inspirasi Nama Bayi yang Diambil dari Nama Habib

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Inspirasi Nama Bayi yang Diambil dari Nama Habib (114646)
Beragam Nama Bayi yang Diambil dari Nama Habib Foto: Shutterstock
Ingin memberi nama bayi Islami untuk anak yang akan lahir ke dunia? Habib, bisa jadi pilihan Anda. Tapi sebelum langsung menggunakannya sebagai nama bayi, kita perlu tahu dan mempertimbangkan beragam persepsi orang Indonesia tentang kata 'habib'. Ya Moms, sebab ada yang memahami habib sebagai keturunan Nabi, orang istimewa, sosok terhormat, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Habib Ahmad Muhammad bin Alatas, Ketua Maktab Nasab Rabithah Alawiyah, menjelaskan kepada kumparan tentang asal mula munculnya gelar habib. Rabithah Alawiyah adalah organisasi pencatat keturunan Nabi Muhammad di Indonesia. Mereka yang melakukan pendataan secara resmi terkait siapa saja orang Indonesia yang memiliki pertalian darah dengan Rasulullah.
Habib Ahmad Muhammad bin Alatas mengatakan, asal-usul nama habib pertama kali berasal di Yaman, kemudian Indonesia, Afrika, dan India.

Penjelasan Tentang Arti Nama atau Gelar Habib

Inspirasi Nama Bayi yang Diambil dari Nama Habib (114647)
Penjelasan Tentang Arti Nama atau Gelar Habib Foto: Shutterstock
Orang-orang yang mempunyai gelar habib itu dicintai karena mereka mempunyai pertalian silsilah dengan Nabi Muhammad. Ke manapun berhijrah, mereka selalu diterima oleh masyarakat karena mampu beradaptasi dengan wilayah yang mereka masuki.
“Mereka mengawali dengan berdagang, setelah itu berdakwah, lalu bercampur baur dengan masyarakat,” kata Habib Ahmad saat berbincang dengan kumparan di Sekretariat Raudhatul Alawiyah, Jakarta, Rabu (11/1).
ADVERTISEMENT
"Karena berbaur itu mereka dicintai. Maka dari itu mereka disebut habib atau di negara lain disebut dengan sayyid. Ada juga yang menggelari syarif," ujar Habib.
Sementara "Habib" secara bahasa berasal dari kata "al-mahbub" yang berarti dicintai. Begitu juga dengan KBBI, tertulis habib artinya yang dicintai; kekasih; panggilan kepada orang Arab yang berarti tuan; panggilan kepada orang yang bergelar sayid.

Nama Bayi dari Kata Habib

Inspirasi Nama Bayi yang Diambil dari Nama Habib (114648)
Nama Bayi dari Kata Habib Foto: Shutterstock
Dari kata ini lalu dikenal juga nama "Habibi". Habibi adalah kata Arab yang secara harfiah berarti "cintaku" (kadang-kadang juga diterjemahkan sebagai "sayangku," "sayangku," atau "tercinta").
Nama ini digunakan terutama sebagai panggilan kesayangan untuk anggota keluarga yang jadi kesayangan, sahabat tercinta atau orang penting lain di sekitar keluarga kita.
ADVERTISEMENT
Nama Habibi tentunya juga mengingatkan kita pada sosok Presiden BJ Habibi yang terkenal jenius dan sangat mencintai tanah air Indonesia.
Untuk nama bayi perempuan, nama Habiba atau Habibah pun banyak digunakan. Bisa juga, ditulis menjadi Hebiba atau Habibeh. Untuk nama bayi yang lebih unik, Anda bisa memilih Haviva atau Havivah. Artinya? Tetap sama! Yaitu "dia yang dicintai", "terkasih", "tercinta" atau "kesayangan". Bagus, ya!