Mom
·
8 Januari 2021 9:26

Jenis Kelamin Bayi di Dalam Kandungan, Kapan Bisa Diketahui?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jenis Kelamin Bayi di Dalam Kandungan, Kapan Bisa Diketahui? (59429)
Jenis Kelamin Bayi di Dalam Kandungan Foto: Shutterstock
Jenis kelamin bayi di dalam kandungan jadi salah satu hal yang biasanya membuat ibu hamil maupun calon ayah. Umumnya, anggota keluarga lainnya pun akan ikut menebak-nebak janin yang ada di perut ibu berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.
ADVERTISEMENT
Tapi sebenarnya, di usia kehamilan berapa jenis kelamin janin bisa diketahui?

Fakta Terkait Jenis Kelamin Bayi di Dalam Kandungan

Jenis Kelamin Bayi di Dalam Kandungan, Kapan Bisa Diketahui? (59430)
Pemeriksaan USG untuk Ketahui Jenis Kelamin Bayi Foto: Shutterstock
Jenis kelamin bayi sebenarnya sudah bisa ditentukan sejak pembuahan. Mengutip What to Expect, embrio dengan kromosom XY akan menjadi bayi laki-laki, sedangkan kromosom XX akan menjadi bayi perempuan. Nah, ada 70 gen di kromosom seks yang bisa menentukan jenis kelamin bayi.
Meski begitu, fondasi organ seks bayi di dalam kandungan baru akan berkembang di antara minggu ke-7 dan minggu ke-12 kehamilan.
Ya Moms, sekitar minggu ke-9, alat kelamin bayi laki-laki memulai prosesnya hingga terbentuklah penis. Sementara pada anak perempuan perkembangan organ seks akan bertumbuh selama kehamilan berlangsung. Namun vagina si kecil akan mulai terbuka di permukaan perineum pada usia kehamilan 22 minggu.
ADVERTISEMENT
Itulah sebabnya dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG), di sekitar minggu ke-18 hingga 20 kehamilan kita umumnya sudah bisa mengetahui jenis kelamin janin. Bila ketika diperiksa terdapat tonjolan seperti penis, artinya Anda sedang mengandung bayi laki-laki, Moms.

3 Jenis Pemeriksaan untuk Ketahui Jenis Kelamin Janin

Jenis Kelamin Bayi di Dalam Kandungan, Kapan Bisa Diketahui? (59431)
Ilustrasi anak laki-laki dan perempuan Foto: Pixabay
Meski begitu perlu dipahami, pemeriksaan USG bisa saja tidak 100 persen akurat. Sebab yang dilihat seperti penis, mungkin hanya tali pusar pada bayi perempuan. Selain dengan USG, ada beberapa cara ilmiah lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin bayi di dalam kandungan.
Ada pemeriksaan Non Invasive Prenatal Test (NIPT) yang dapat menentukan jenis kelamin bayi Anda dengan tingkat akurasinya mencapai 98-99 persen. Namun biasanya, pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat apakah bayi memiliki kelainan genetik atau kromosom pada janin.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada pula tes DNA. Tapi biasanya, pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat kecocokan antara ibu dan anak atau orang tua dengan anak. Lewat tes DNA, Anda juga dapat melihat bila ada kelainan kromosom pada si kecil.