Mom
·
17 September 2020 9:00

Kata Dokter tentang Popok yang Bagus untuk Kulit Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kata Dokter tentang Popok yang Bagus untuk Kulit Bayi  (89792)
Ilustarsi popok bayi sekali pakai. Foto: Shutterstock
Memilih popok yang bagus untuk kulit bayi, tidak semudah membalikkan tangan. Sebab di pasaran kini ada begitu banyak pilihan popok bayi.
ADVERTISEMENT
Akhirnya, orang tua bisa jadi kebingungan. Mana yang lebih baik untuk kesehatan bayi atau setidaknya untuk mencegah iritasi menyerang kulitnya?
Bila sudah begini, jangan termakan iklan ya, Moms! Sebab kalau hanya dari iklan saja, semua popok yang dijual pasti menggadang-gadang kelebihannya.
Lebih baik, simak apa kata dokter mengenai hal ini.

Kata Dokter tentang Memilih Popok Bayi

Kata Dokter tentang Popok yang Bagus untuk Kulit Bayi  (89793)
Ilustrasi memilih popok sekali pakai Foto: Shutterstock
Laman Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) menulis, orang tua dapat bebas memilih hendak memberi bayi popok merek apa maupun popok sekali pakai (pospak) atau popok kain. Sebab, semua sabaiknya. Dijelaskan lebih lanjut, yang sebenarnya perlu diperhatikan oleh orang tua bukan merek atau jenis popok tapi penggunaannya.
Artinya, orang tua perlu tahu cara tepat menggunakan jenis popok yang dipilih. Seperti apa misalnya?
ADVERTISEMENT

Bila Bayi Menggunakan Popok Kain

Kata Dokter tentang Popok yang Bagus untuk Kulit Bayi  (89794)
ilustrasi popok kain. Foto: Pixabay
Pilihlah popok dengan bahan yang lembut dan mudah menyerap cairan. Biasanya bahan yang paling sering digunakan adalah katun. Alasannya karena katun merupakan bahan paling aman dan bisa membantu mencegah timbulnya ruam.
Memilih popok kain, artinya Anda perlu memperhatikan pula apakah popok menggunakan tali atau tidak. Jika tidak, maka Anda harus menggunakan peniti untuk mengikatnya. Sebagai pertimbangan, terkadang ini membuat bayi kurang nyaman.
Lalu Anda juga harus sering mengecek kondisi popok. Karena tidak seperti pospak, maka bila popok sudah kotor harus segera diganti. Dan sebelum menggantinya jangan lupa untuk membersihkan kulit bayi dengan kapas basah.

Bila Bayi Menggunakan Popok Sekali Pakai

Kata Dokter tentang Popok yang Bagus untuk Kulit Bayi  (89795)
Ilustrasi mengganti popok bayi. Foto: Thinkstick
Sebelum membeli pospak, pastikan dulu berat badan si kecil untuk menentukan ukuran popok yang tepat.
ADVERTISEMENT
Popok sekali pakai biasanya memiliki bahan kimia di dalamnya, yaitu: sulfur dan chlorine dioxide. Kemudian ada yang menggunakan: zinc oxide, aloe vera dan petroleum untuk menjaga agar kulit tetap kering. Dan ada juga yang menggunakan bahan: selulosa dan absorbent gelling material (AGM) atau superabsorbent yang terbuat dari sodium poliakrilat. Bahan-bahan tersebutlah yang menjadikan popok sekali pakai memiliki daya serap tinggi.
Bila Anda memilih popok sekali pakai untuk si kecil usahakan untuk tidak menggunakannya selama 24 jam penuh. Sebaliknya, Anda harus sering mengganti agar kulit bayi tidak iritasi.
Meski ruam popok umumnya terjadi di selangkangan, jangan lupa cek juga daerah pinggang dan perut si kecil, Moms. Karena dua daerah ini juga bisa mengalami iritasi atau lecet.
ADVERTISEMENT