Mom
·
20 Juni 2021 10:03
·
waktu baca 2 menit

Kenapa Bayi Suka Menggenggam Jari Orang Dewasa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kenapa Bayi Suka Menggenggam Jari Orang Dewasa? (619354)
searchPerbesar
Kenapa Bayi Suka Menggenggam Jari Orang Dewasa? Foto: Shutterstock
Tangan dan jari-jari mungil bayi memang tampak menggemaskan. Setuju, Moms?
ADVERTISEMENT
Bahkan, bila kita perhatikan dengan seksama, tangan si kecil sering mengepal seolah ingin menutup. Saat Anda mencoba untuk menempatkan salah satu jari di telapak tangan bayi, ia pun tiba-tiba bisa langsung menggenggamnya dengan kuat!
Bagi beberapa orang tua baru, mungkin sangat senang melihat hal ini. Namun, tak sedikit pula dari mereka yang bertanya-tanya tentang kemampuan menggenggam yang dimiliki oleh sang anak yang masih kecil. Lantas sebenarnya, kenapa bayi suka menggenggam jari orang dewasa, ya?

Alasan Bayi Suka Menggenggam Jari Orang Dewasa

Kenapa Bayi Suka Menggenggam Jari Orang Dewasa? (619355)
searchPerbesar
Kenapa Bayi Suka Menggenggam Jari Orang Dewasa? Foto: Shutterstock
Dikutip dari BabyCentre, kemampuan bayi yang dapat menggenggam jari orang dewasa atau suatu benda rupanya sudah berkembang sejak ia masih di dalam rahim di usia sekitar 4 bulan. Kondisi ini merupakan bagian dari refleks yang disebut grasping reflex (palmar grasp reflex) yaitu efleks primitif yang membuat tangan bayi selalu terkatup.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Healthline melansir, sebagian besar bayi berusia kurang dari 4 bulan biasanya belum bisa mengontrol otot mereka dengan cukup baik untuk meraih sesuatu yang mereka ingin capai dengan kedua tangannya. Namun, saat usianya sekitar 4-6 bulan, si kecil mulai belajar meraih benda-benda di sekitarnya, seperti mainan kerincingan yang berwarna cerah atau mainan yang ia punya lainnya.
Kenapa Bayi Suka Menggenggam Jari Orang Dewasa? (619356)
searchPerbesar
Ilustrasi tangan bayi menggenggam Foto: Shutterstock
Bila refleks menggenggam ini jarang Anda lihat di hari pertama atau kedua setelah bayi lahir, Anda pun tak perlu khawatir berlebihan. Sebab, ini adalah hal yang normal, Moms. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa refleks menggenggam ini pun akan terus dilakukan si kecil hingga ia berusia 6 bulan.
Lambat laun, kemampuan bayi untuk mengambil atau meraih dan memegang sesuatu dengan kedua tangannya pun semakin mahir, tepatnya saat ia berusia 1 tahun. Jadi, nikmatilah momen pada saat bayi suka menggenggam jari Anda ya, Moms. Sebab, ini juga bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan bonding antara Anda dan si kecil.
ADVERTISEMENT