Mom
·
3 Mei 2021 10:08

Kenapa Bayi yang Sedang Tidur Lelap Terbangun Kalau Diletakkan di Kasur?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kenapa Bayi yang Sedang Tidur Lelap Terbangun Kalau Diletakkan di Kasur? (53052)
Kenapa Bayi Bangun Kalau Diletakkan di Kasur? Foto: Shutterstock
Bayi biasanya akan cepat tidur dan dapat tidur dengan lelap di dalam gendongan orang tua atau pengasuhnya. Tapi begitu diletakkan di kasur, banyak bayi yang segera terbangun bahkan menangis minta digendong kembali!
ADVERTISEMENT
Moms, apakah si kecil seperti ini? Hihihi... Anda tidak sendiri. Banyak orang tua lain yang juga menghadapi masalah yang sama.
Tapi tenang dulu dan tidak perlu jadi frustrasi. Lebih baik, pahami mengapa bayi cenderung seperti ini.

Alasan Bayi Bangun saat Diletakkan di Kasur

Kenapa Bayi yang Sedang Tidur Lelap Terbangun Kalau Diletakkan di Kasur? (53053)
Penyebab Bayi Bangun saat Diletakkan di Kasur Foto: Shutterstock
Christine Stevens, konsultan tidur bersertifikat dari Sleepy Tots Consulting, Amerika Serikat, mengatakan bahwa bayi bangun ketika diletakkan di kasur karena perubahan lingkungan. Ketika digendong, bayi merasakan kehangatan dari Anda, lalu diletakkan di kasur yang dingin, sehingga ia pun terbangun karena merasakan perubahan.
Namun menurut konsultan tidur anak, Tonja Bizor, ada alasan lain di balik perilaku ini. Menurutnya, bayi yang tidak bisa menenangkan dirinya sendiri ketika tidur, akan sering terbangun saat diletakkan. Ini karena bayi memiliki ketergantungan dengan ‘alat bantu’ tidurnya.
ADVERTISEMENT
“Alat bantu bisa berupa botol, payudara, empeng, gendongan, atau ibu dan ayah,” katanya. Sehingga masuk akal jika bayi terbangun ketika Anda meletakkannya di kasur, Moms.

Cara Agar Bayi Tidak Bangun saat Diletakkan di Kasur

Kenapa Bayi yang Sedang Tidur Lelap Terbangun Kalau Diletakkan di Kasur? (53054)
Cara Agar Bayi Tidak Bangun saat Diletakkan di Kasur Foto: Shutterstock
Jadi bagaimana agar bayi tidak bangun begitu Anda meletakkannya di kasur? Mengutip Romper, bayi terutama bayi baru lahir memiliki refleks kaget. Maka dengan membedongnya akan sangat membantu mereka tidur lebih nyenyak, karena refleks kaget bayi akan berkurang.
Anda juga harus membiasakan rutinitas malam sebelum bayi tidur, seperti mengganti bajunya, membaca buku, meredupkan lampu, dan meletakkan bayi ke kasur di waktu yang sama setiap hari. Jadi coba baringkan bayi di atas kasur ketika mereka mengantuk, bukan ketika sudah tidur.
ADVERTISEMENT
"Salah satu tip untuk mencegah bayi bangun saat Anda meletakkannya adalah menunggu 20 menit setelah mereka tertidur sebelum meletakkannya di boks bayi, karena butuh sekitar 20 menit untuk tertidur lelap," saran Dr. Eleonora Kleyman, seorang dokter anak di Kaiser Permanente, Amerika Serikat.
"Tip lainnya adalah memastikan bayi tidak bangun terlalu lama, karena mereka kelelahan dan kemudian kesulitan untuk tidur cukup lama,” tutupnya.