kumparan
27 Juni 2019 10:23

Kenapa Berat Badan Bayi Tak Kunjung Naik Meski Sudah Diberi MPASI?

Ilustrasi MPASI Bayi
Ilustrasi MPASI Bayi Foto: Shutterstock
Berat badan bayi menjadi salah satu topik yang paling diperhatikan orang tua. Karenanya bila berat badan si kecil tidak sesuai grafik, orang tua bisa menjadi sangat khawatir, terlebih bila si kecil sudah mengkonsumsi Makanan Pendamping ASI.
ADVERTISEMENT
Sebab, masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa bila si kecil sudah diberi MPASI, maka berat badannya akan naik dengan mudah. Lantas bagaimana bila yang terjadi justru berat badan bayi tidak naik meski sudah diberi MPASI? Apakah penyebabnya?
Menurut Ahli Gizi dr. Tan Shot Yen, ada enam hal yang perlu diperhatikan orang tua terlebih dahulu sebelum menjawab hal tersebut, Moms. dr. Tan menyebutnya hal itu dengan 6 pass. Nilai-nilai 6 pas yang dimaksud oleh dr Tan adalah sebagai berikut:
MPASI Bayi
MPASI Bayi. Foto: Shutter Stock
1. Pas dengan umur bayi: Mulai memberi si kecil makan ditandai dengan tanda-tanda berikut: bisa meraih makanan yang dimasukkan ke mulut, sebab koordinasi mata mulut dan tangan sudah ada, duduk dengan kepala yang dapat tersangga tubuh, tertarik pada makanan yang dilihatnya sedang dimakan orang lain, dapat menelan makanan, sebab jika tidak, risiko tersedak atau dikeluarkan lagi.
ADVERTISEMENT
2. Pas dengan variasi bahannya, yang dikenal dengan 4 bintang, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, protein nabati, protein hewani, serta sayur dan buah.
3. Pas dengan teksturnya: dimulai dengan bubur saring, meningkat menjadi tim cincang hingga makanan yang sama dengan keluarga.
4. Pas dengan jumlah kebutuhan makro dan mikronutrien. Jadi bukan hanya variasi 4 bintangnya, tapi jumlah bahan dan kualitas bahan yang dipilih mampu mencegah kekurangan zat besi dan mineral lainnya yang dibutuhkan saat tumbuh kembang.
5. Pas dengan frekuensinya: pemberian MPASI bisa rutin hingga 3 kali sehari dengan selingan buah sementara ASI jalan terus.
6. Pas dengan standar kebersihan, tentunya. Kebersihan MPASI menjadi syarat mutlak, karena jangan sampai tujuan pemberian makan yang mestinya memastikan tumbuh kembang bayi, malah menjadi petaka karena diare.
Ilustrasi MPASI
Ilustrasi MPASI Foto: Shutterstock
Nah, bila salah satu dari 6 hal di atas tidak terpenuhi, kata dr Tan, mungkin saja hal itu bisa menjadi pemicu alasan berat badan si kecil tidak naik sesuai grafik pertumbuhan, Moms. Bahkan bukan hanya berat badannya saja yang tidak naik, tinggi badan si kecil juga bisa berpengaruh.
ADVERTISEMENT
"Tentu saja. Bukan cuma berat badan, yang lebih penting tinggi badannya," kata dr. Tan saat dihubungi kumparanMOM, Rabu (26/6).
Untuk membantu berat badan si kecil naik sesuai dengan grafik pertumbuhan, dr Tan menyarankan orang tua segera mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya supaya tumbuh kembang si kecil tidak mengalami masalah yang serius Moms.
"Lihat dulu penyebabnya. Kalau anaknya sering diare, ya infeksinya dulu dibenahi. Jika MPASInya ternyata kualitasnya enggak bener, ya benerin dulu," katanya.
dr Tan juga mengingatkan orang tua juga supaya tidak berbangga dengan kuantitas makanan yang dimakan oleh si kecil setiap harinya, tanpa memperhatikan kualitas dan kebersihannya. Sebab kata dia, kuantitas menjadi percuma bila kualitas dan kebersihan makanan yang diberikan kepada bayi buruk.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan