kumparan
30 Juli 2019 11:02

Lebih Baik Mana, Memberi Uang Jajan Harian atau Mingguan untuk Anak?

Ilustrasi Anak Minta Uang
Ilustrasi Anak Minta Uang Foto: Shutterstoc
Setiap orang tua biasanya punya cara tersendiri dalam memberikan uang jajan untuk anak. Ada orang tua yang memberikan uang jajan secara harian, ada juga orang tua yang memilih secara mingguan. Tapi sebenarnya manakah yang lebih baik menurut ahli?
ADVERTISEMENT
Menurut perencana keuangan, Aidil Akbar, jika anak sudah mulai mengeri cara mengatur keuangan, Anda bisa memberikan uang jajan secara mingguan. Dengan begitu, kata Aidil, anak akan belajar dan berlatih untuk membuat perencanaan keuangan sendiri.
"Kalau dia sudah mulai mengerti mengatur, sebaiknya per minggu. Dengan catatan anak enggak boleh dilepas. Jadi kalau perlu dilatih dengan membuat planning jajan", kata Aidil saat ditemui di acara Moms Mingle yang digelar kumparanMOM bersama Sun Life di Hotel Santika Depok, Sabtu (28/7).
MOMS Mingle kumparanMOM x Sunlife Santika Depok
MOMS Mingle kumparanMOM x Sunlife Santika Depok Foto: kumparan
Dampingi anak saat membuat perencanaan uang jajan selama seminggu, Moms. Misalnya hari Senin ia ingin makan dan minum apa, dan begitu selanjutnya. Dengan begitu, selain Anda tahu apa yang dikonsumsinya, Anda juga bisa tahu berapa jumlah uang yang layak diberikan untuk anak. Pastikan juga dari jumlah yang Anda beri, ia masih memiliki sisa uang yang digunakan untuk menabung.
ADVERTISEMENT
"Misalnya hari Senin makan apa, selasa sampai hari ini jumat. Jadi kita juga bisa tahu nominal yang dia pakai berapa. Ketika kita kasih uang Rp 100 ribu jadi, dia bisa tau Rp 20 ribu sehari. Dari Rp 20 ribu itu 2 sampai 4 ribu ditabung. Sisanya bisa buat kebutuhannya, misalnya Rp 3 ribu buat transport, Rp 12 ribu buat makan dan minum. Dengan catatan seperti itu anak bisa bikin planning dan bisa atur keuangannya," katanya.
Lantas, kenapa anak penting membuat perencanaan uang jajan selama seminggu ke depan?
"Karena anak kalau anak cuma dikasi jajan seminggu itu akan habis dua hari. Jadi orang tua jangan hanya bisa ngasih dan bilang atur. Anak enggak akan ngerti. Tapi diajarkan cara ngatur kamu hari senin makan apa, minum apa, begitu selanjutnya", katanya.
ADVERTISEMENT
Jadi, bila si kecil sudah mampu mengatur keuangannya sendiri, maka sebaiknya berikan anak uang jajan secara mingguan, Moms. Namun, bila dirasa ia belum mampu melakukannya, maka berikan saja si kecil uang jajan secara harian.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan