kumparan
3 Desember 2019 7:57

Lebih Baik Mana, Minum Susu Khusus Ibu Hamil atau Multivitamin?

ibu hamil minum susu.jpg
ilustrasi ibu hamil minum susu Foto: Shutterstock
Demi kesehatan bayi maupun dirinya sendiri, ibu hamil perlu memastikan kecukupan nutrisinya setiap hari. Ibu mungkin juga harus rela menghindari makanan dan minuman tertentu. Mulai dari gorengan, boba tea, makanan mentah hingga mie instan.
ADVERTISEMENT
Bila tak yakin mampu mencukupi nutrisi saat hamil, ibu dapat mengonsumsi susu khusus ibu hamil atau. Tapi, mana ya yang sebenarnya lebih baik?
vitamin dan obat-obatan.jpg
ilustrasi beragam multivitamin untuk ibu hamil Foto: Shutterstock
Tidak usah bingung, Moms. Ahli Gizi Rachel Olsen mengatakan, baik susu maupun multivitamin keduanya sama-sama baik dan bisa melengkapi kebutuhan gizi harian ibu hamil.
Meski begitu, lebih baik lagi bila ibu hamil mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Sebab susu khusus ibu hamil tidak bisa dijadikan sumber utama pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.
ibu hamil minum susu 2.jpg
ilustrasi ibu hamil minum susu Foto: Shutterstock
"Sebenarnya susu hamil itu susu yang ditambahkan vitamin, jadi itu juga bisa dibilang suplemen. Selain itu, bila ibu mengkonsumsi susu hamil saja, nanti jadi terlalu kenyang jadi tidak ingin makan apa-apa lagi. Padahal ibu hamil butuh makanan lain," kata Rachel usai acara Youvit MultiMum Grand Launch, di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (29/11).
ADVERTISEMENT
Bagaimana halnya dengan multivitamin?
ibu hamil minum obat dan vitamin.jpg
ilustrasi multivitamin untuk ibu hamil Foto: Shutterstock
Multivitamin juga hanya sebagai pelengkap untuk memenuhi vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil agar angka kebutuhan gizinya tercukupi. Namun daripada mengkonsumsi susu terlalu banyak, Rachel menyarankan ibu mengkonsumsi multivitamin saja.
"Lebih baik (minum) multivitamin tambahan saja agar tidak cepat kenyang. Ibu juga bisa menggantinya dengan membuat smoothies sendiri di rumah yang mengandung buah asli dan kacang-kacangan, yang sudah terjamin ada antioksidannya, flovanoid-nya, vitaminnya, dan juga serat," tutupnya.
Ibu hamil makan sehat
Ilustrasi pola makan sehat untuk ibu hamil Foto: Shutterstock
Nah Moms, sudah jelas kan? Minum susu hamil atau mengkonsumsi multivitamin juga sama-sama baik untuk kehamilan Anda. Sebab keduanya mengandung nutrisi yang bisa melengkapi kebutuhan.
Tapi jangan sampai lupa untuk tetap mengkonsumsi sumber utama seperti buah-buahan, sayuran, ikan, dan berbagai makanan sehat lainnya!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan