Mom
·
23 April 2019 10:37

Lebih Baik Mana, Mulai MPASI dengan Menu Tunggal atau Menu 4 Bintang?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Lebih Baik Mana, Mulai MPASI dengan Menu Tunggal atau Menu 4 Bintang? (51940)
Ilustrasi MPASI Foto: Shutterstock
Saat bayi akan mulai mengkonsumsi MPASI, sebaiknya Anda tidak hanya fokus pada pemilihan bahan baku ataupun cara pengolahannya saja. Anda juga perlu memperhatikan variasi menu yang akan diberikan pada si kecil, Moms. Berbicara soal menu, Anda mungkin sudah familiar dengan istilah menu MPASI 4 bintang.
ADVERTISEMENT
Menu MPASI 4 bintang dipercaya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil agar ia terhindar dari mal nutrisi, berat badan rendah, ataupun stunting di kemudian hari. Jauh sebelum hadirnya menu 4 bintang, ibu-ibu lebih dulu mengenal MPASI dengan menu tunggal saja. Menu tunggal adalah makanan yang terdiri dari hanya dari satu jenis makanan saja. Misalnya bubur beras ataupun sayuran saja.
Lebih Baik Mana, Mulai MPASI dengan Menu Tunggal atau Menu 4 Bintang? (51941)
Ilustrasi MPASI Bayi Foto: Shutterstock
Di awal pemberian MPASI, manakah yang lebih baik untuk bayi, menu tunggal dulu atau langsung menu 4 bintang?
Moms, bila bayi baru memulai MPASI, maka sebaiknya berikan menu tunggal terlebih dahulu. Hal itu dilakukan untuk mencari tahu apakah si kecil punya alergi makanan tertentu. Namun, pengenalan ini cukup dilakukan selama satu minggu saja.
ADVERTISEMENT
"Kita sarankan untuk perkenalan pertama menu tunggal dulu. Menu tunggal satu minggu. Menu MPASI 4 bintang boleh setelahnya. Tujuannya untuk pengenalan," ujar Dokter Anak, dr. Ayi Dilla Septarini, Sp.A, dalam seminar "Masak MPASI, Yuk!" di Graha Sartika Wulansari Bekasi beberapa waktu lalu.
Lebih Baik Mana, Mulai MPASI dengan Menu Tunggal atau Menu 4 Bintang? (51942)
Ilustrasi buah dan sayur-mayur untuk MPASI Foto: Shutterstock
Setelah satu minggu, Anda boleh beralihlah pada menu 4 bintang. Menu 4 bintang ini terdiri dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan protein sayuran. Karbohidrat tak melulu diperoleh dari beras putih saja. Ibu bisa mendapatkannya dari beras merah, beras putih, jagung dan ubi-ubian.
Protein hewani bisa diperoleh dari daging ayam, daging sapi, telur atau ikan. Sedangkan protein nabati bisa didapat dari kacang-kacangan seperti tempe, tahu, kacang merah atau kacang polong. Dan aneka jenis sayuran seperti bayam, labu, brokoli, wortel dan lain-lain. Menu MPASI 4 bintang disarankan dikonsumsi pada setiap jam anak makan makanan pokok. Sedangkan di sela-sela waktu makanan pokoknya, Anda bisa memberikan si kecil buah-buahan atau camilan sehat agar nutrisinya tetap terjaga.
ADVERTISEMENT