Mom
·
11 Oktober 2020 13:49

Makanan Bayi untuk Si Kecil yang Sedang Tumbuh Gigi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Makanan Bayi untuk Si Kecil yang Sedang Tumbuh Gigi (37252)
Ilustrasi gigi bayi. Foto: Shutterstock
Saat si kecil sedang tumbuh gigi, pastikan Anda memberikan makanan bayi yang tepat untuknya. Ya Moms, pada masa ini bayi Anda mungkin akan sulit atau tidak berselera mengonsumsi MPASI karena gusinya terasa nyeri atau gatal.
ADVERTISEMENT
Umumnya, gigi anak mulai tumbuh saat ia memasuki usia enam bulan. Selanjutnya, pertumbuhan gigi ini akan terus terjadi sampai anak berusia 3 tahun. Oleh sebab itu, agar kebutuhan gizi si kecil terpenuhi, Anda perlu memerhatikan asupan nutrisinya. Dilansir Little Gourmet Baby, berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang bisa Anda berikan pada si kecil ketika giginya sedang tumbuh, Moms. Apa saja?
Makanan Bayi untuk Si Kecil yang Sedang Tumbuh Gigi (37253)
Ilustrasi bayi tumbuh gigi. Foto: Shutter Stock

Makanan Bayi untuk Si Kecil yang Sedang Tumbuh Gigi

Makanan Dingin

Ketika bayi tumbuh gigi, sudah pasti ia merasakan perasaan tidak nyaman dan nyeri di gusinya. Nah Moms, makanan dingin bisa jadi solusi untuk diberikan ketika si kecil dalam kondisi ini.
Anda bisa memberikan bubur bayi yang dingin atau smoothies dari buah-buahan beku seperti yoghurt dingin, pisang dingin, melon dingin, dan mangga dingin. Anda juga bisa memotong-motong buah tersebut untuk dijadikan finger food agar bayi bisa menggigit buah dingin tersebut. Sehingga gusinya pun akan terasa nyaman.
ADVERTISEMENT

Makanan yang Lembut

Cobalah berikan anak Anda berbagai jenis makanan lembut untuk memudahkannya saat makan. Misalnya saja, bubur bayi, atau sup dari sayuran.

Finger Food

Saat tumbuh gigi, gusi bayi biasanya terasa gatal, sehingga ia sering menggigit sesuatu. Nah Moms, untuk mengatasi hal itu, Anda bisa memberikan si kecil finger food dari buah-buahan yang didinginkan atau biskuit bayi yang bisa ia gigit. Dengan begitu, rasa gatal di gusinya bisa teratasi.
Makanan Bayi untuk Si Kecil yang Sedang Tumbuh Gigi (37254)
Ilustrasi bayi makan semangka. Foto: Dok. Shutterstock

Kata Dokter Soal MPASI untuk Bayi Tumbuh Gigi

Dokter Spesialis Anak, dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC mengatakan ketika bayi sedang tumbuh gigi kemungkinan bayi akan menolak makanan dan menyusu. Jadi agar dia tetap mau makan tawarkan camilan buah segar yang didinginkan, Moms.
ADVERTISEMENT
"Buah segar yang didinginkan akan membantu mengurangi nyeri di rongga mulut bayi. Bisa juga diberikan kudapan finger food dengan pengawasan orang dewasa," kata dr. Wiyarni saat dihubungi kumparanMOM, Selasa (6/10).