Mom
·
19 November 2020 11:16

Manfaat Kacang Kapri untuk MPASI Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Kacang Kapri untuk MPASI Bayi (48122)
bayi makan - POTRAIT Foto: Shutterstock
Ketika bayi mulai mendapatkan MPASI, pastikan Anda memberikan bahan-bahan makanan yang bergizi seimbang di dalamnya, Moms. Salah satu yang bisa menjadi pilihan makanan bayi adalah kacang snap pea atau kacang kapri.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, selain harganya yang murah dan mudah didapat di pasar, kacang kapri juga mengandung gizi yang baik untuk bayi Anda. Di antaranya karbohidrat, protein nabati, vitamin C, vitamin K, vitamin B, asam folat, dan serat. Kandungan tersebut juga membuat kacang kapri bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bayi Anda. Apa saja ya?
Manfaat Kacang Kapri untuk MPASI Bayi (48123)
Ilustrasi kacang kapri. Foto: Shutterstock

7 Manfaat Kacang Kapri Bagi Kesehatan Bayi

1. Menambah Sel Darah Merah

Kacang kapri merupakan salah satu sumber zat besi yang baik untuk bayi Anda yang mungkin mengalami defisiensi besi. Sehingga membantu pemenuhan sel darah merah yang ada di dalam tubuhnya.

2. Memperkuat Tulang

Kandungan vitamin K yang ada di dalam kacang kapri dapat membantu perkembangan tulang bayi agar lebih kuat dan sehat.
ADVERTISEMENT

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Vitamin C yang ada di dalam kacang kapri bisa membantu menjaga daya tahan tubuh si kecil agar tidak terkena flu. Mengutip Parenting First Cry, selain itu, kacang kapri juga memiliki tinggi kadar antioksidan, sehingga bisa mencegah beberapa reaksi dalam tubuh yang menyebabkan penyakit berbahaya.

4. Baik untuk Kesehatan Mata

Kacang kapri adalah sumber karotenoid nabati sederhana yang dikenal sebagai lutein dan zeaxanthin. Keduanya bertindak sebagai antioksidan pekat di bagian retina yang dikenal sebagai makula.

5. Menambah Energi

Karbohidrat adalah sumber energi utama. Nah Moms, setiap gram kacang kapri menghasilkan energi 4 kalori. Kalori yang ada di dalam kacang kapri akan memberikan cukup energi yang dibutuhkan tubuh untuk bergerak
Manfaat Kacang Kapri untuk MPASI Bayi (48124)
Ilustrasi bayi makan. Foto: Shutterstock

6. Meningkatkan Massa Otot dan Sel Otak Bayi

Sangat penting bagi seorang anak untuk tumbuh dengan sehat. Nah, untuk pertumbuhan yang tepat, penting untuk memiliki massa otot yang baik. Memberikan MPASI bayi kacang kapri secara teratur akan meningkatkan massa otot pada bayi. Vitamin yang terdapat dalam kacang kapri juga membantu meningkatkan sel-sel otak bayi.
ADVERTISEMENT

7. Kaya Asam Lemak Omega-3

Mengonsumsi kacang kapri akan membantu si kecil mendapatkan asam lemak Omega-3, yang dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh gangguan fokus seperti sindrom Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).
Saat memperkenalkan kacang kapri untuk pertama kali pada bayi, sebaiknya berikan satu sampai dua sendok puree kacang kapri. Hindari pemberian kacang dalam bentuk utuh karena kacang bagian dalam masih bisa menimbulkan risiko tersedak. Jika Anda ingin menawarkan hanya untuk latihan mengunyah, ratakan setiap kacang polong untuk mengurangi risikonya.