Mom
·
16 Oktober 2020 8:01

Manfaat Minum Air Jeruk Nipis bagi Ibu Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Minum Air Jeruk Nipis bagi Ibu Hamil (9345)
Ilustrasi ibu hamil minum air jeruk nipis Foto: Shutter Stock
Ibu hamil perlu memastikan kecukupan asupan cairan di tubuhnya. Namun bagi sebagian ibu, minum air putih saja mungkin membuat mual, apalagi bagi Anda yang masih berada di trimester pertama kehamilan.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, ada banyak jenis makanan yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa mual di pagi hari atau bahkan sepanjang hari pada trimester pertama kehamilan. Salah satunya buah-buahan yang memiliki cita rasa asam seperti jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat, tak terkecuali bagi ibu hamil.
Tak hanya menghilangkan mual, jeruk nipis mengandung antioksidan yang bisa mencegah dan menghentikan kerusakan yang timbul akibat radikal bebas, serta baik untuk perkembangan janin Anda. Lantas, apa saja manfaatnya ya?
Manfaat Minum Air Jeruk Nipis bagi Ibu Hamil (9346)
Jeruk nipis. Foto: Shutterstock

Manfaat Air Jeruk Nipis Bagi Ibu Hamil

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dilansir Dr Health Benefit, jeruk nipis yang mengandung vitamin C tinggi ini, bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, Moms. Ya, jeruk nipis bisa menjaga kekebalan tubuh Anda sehingga tidak mudah sakit selama kehamilan.
ADVERTISEMENT

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil, salah satunya adalah sembelit. Nah, mengonsumsi jeruk nipis akan meningkatkan sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan mengontrol kelonggaran usus.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi adalah salah satu kondisi yang perlu diwaspadai selama masa kehamilan. Tekanan darah tinggi yang terus-menerus, bisa menyebabkan toksemia atau preeklamsia yakni suatu kondisi berbahaya yang bisa membuat ibu melahirkan prematur. Jeruk nipis dipercaya bisa membantu menurunkan denyut nadi dan melindungi janin Anda, Moms.

4. Membantu Perkembangan Tulang Janin

Tak hanya bagi ibu hamil, jeruk nipis juga bermanfaat untuk bayi di dalam kandungan Anda, Moms. Ya, jeruk nipis mengandung kalium yang bisa membantu tumbuh kembang tulang si kecil, serta mendorong perkembangan sel otak dan saraf bayi.
ADVERTISEMENT

5. Mengobati Kaki Bengkak Selama Hamil

Edema atau pembengkakkan saat hamil memang sering kali membuat Anda kesulitan. Nah, mengonsumsi air jeruk nipis ternyata bisa meredakannya. Cobalah untuk minum satu sendok teh air jeruk nipis yang sudah dicampur air hangat. Hal ini bisa membantu mengempeskan bengkaknya.
Manfaat Minum Air Jeruk Nipis bagi Ibu Hamil (9347)
Jeruk nipis. Foto: Shutter Stock

Jangan Minum Air Jeruk Nipis Terlalu Banyak

Meskipun punya banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil, tapi Anda tidak boleh mengonsumsi air jeruk nipis terlalu banyak ya, Moms. Bagi ibu yang mempunyai asam lambung, sebaiknya tidak mengonsumsinya terlalu sering karena akan meningkatkan kadar asam di dalam perut hingga bisa membuat mulas.
Kemudian, jeruk nipis bisa saja menyebabkan alergi pada ibu hamil. Entah karena aromanya atau kandungan di dalamnya. Jika tidak ingin hal ini terjadi, ibu bisa mengganti jeruk nipis dengan lemon yang sama-sama mempunyai manfaat untuk Anda. Selain itu, konsultasikan hal apapun sebelum Anda mencoba makanan atau minuman tertentu saat hamil kepada dokter ya, Moms.
ADVERTISEMENT