Mom
·
31 Agustus 2019 8:58

Manfaat Minum Jus Buah Delima bagi Ibu Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Minum Jus Buah Delima bagi Ibu Hamil (167369)
Ada banyak manfaat buah delima untuk ibu hamil. Foto: Pixabay
Ibu hamil wajib memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsinya, sebab itu bisa berdampak bagi kesehatan dirinya dan janin. Oleh sebab itu, calon ibu cenderung jadi pemilih dalam urusan makanan agar kebutuhan nutrisinya selama kehamilan dapat terpenuhi.
ADVERTISEMENT
Salah satu makanan sehat yang mungkin bisa jadi pilihan Anda adalah buah delima. Science Daily melansir, para peneliti dari klinik Brigham and Women's Hospital, Amerika Serikat, sedang mengeksplorasi hubungan dari asupan jus delima selama kehamilan terhadap efek proteksi bayi dalam kandungan.
"Studi kami membuktikan, bahwa jus delima memiliki efek perlindungan potensial untuk melindungi bayi sejak dalam kandungan. Namun temuan ini memerlukan penyelidikan lebih lanjut terhadap efek neuroprotektif potensial polifenol pada bayi baru lahir yang berisiko, seperti mengidap cedera hipoksik-iskemik," kata penulis senior Terrie Inder, ketua Departemen Kedokteran Anak di Bringham, AS.
Manfaat Minum Jus Buah Delima bagi Ibu Hamil (167370)
Buah delima. Foto: Azalia Amadea/ kumparan
Polifenol yang terkandung dalam delima memiliki antioksidan tinggi yang bisa memberikan perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif atau gangguan pada sel neuron. Selain itu, dalam kasus Intrauterine Growth Restriction (IUGR) atau suatu kondisi janin berukuran lebih kecil untuk usia kehamilannya, sering kali karena masalah plasenta tidak membawa oksigen dan nutrisi ke janin dengan baik.
ADVERTISEMENT
Inilah yang mengakibatkan cedera hipoksik-iskemik, sehingga memerlukan asupan polifenol yang terkandung dalam buah delima. Selain itu, ini manfaat jus delima lainnya untuk ibu hamil, dikutip dari FirstCry Parenting:
1. Mencegah Anemia dan Kekurangan Zat Besi
Vitamin C yang terkandung dalam buah delima memiliki jumlah yang cukup untuk kebutuhan ibu hamil. Selain itu, vitamin C juga bisa membantu pembentukan zat besi dari bahan makanan yang dikonsumsi. Jadi jika Anda mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi atau mengkonsumsi suplemen zat besi selama kehamilan, akan ada cadangan zat besi yang cukup dalam darah Anda.
Vitamin C bahkan membantu tubuh Anda menyerap zat besi. Bila kebutuhan dua zat ini terpenuhi, bisa menurunkan risiko anemia defisiensi besi, yang kerap kali menyebabkan kelahiran prematur.
ADVERTISEMENT
2. Kesehatan Sistem Pencernaan
Delima adalah sumber serat yang baik. Serat yang terkandung di dalam buah delima dapat merangsang pergerakan usus ibu hamil agar tidak mengalami sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.
Manfaat Minum Jus Buah Delima bagi Ibu Hamil (167371)
jus delima Foto: Ory Varzgar/flickr
3. Membantu Melawan Radikal Bebas
Buah delima mengandung antioksidan tinggi yang membantu memperbaiki kerusakan sel dan melindungi otak anak dari kerusakan. Selain itu, buah delima juga dapat mengatasi radikal bebas yang terbentuk di dalam tubuh dari berbagai proses tubuh yang menghasilkan racun.
4. Mengobati Kram
Kalium salah satu mineral lain yang diperlukan bagi ibu hamil. Mengkonsumsi jus delima dalam jumlah yang cukup setiap hari bisa memastikan pasokan kalium terpenuhi. Selain itu, jus delima juga bisa mencegah kram yang disebabkan oleh kehamilan.
ADVERTISEMENT
5. Perkembangan Otak Bayi
Segelas jus delima bisa memenuhi setidaknya 10 persen dari kebutuhan folat harian yang penting untuk perkembangan otak janin dan syaraf bayi lho, Moms.
Meski baik untuk bagi ibu hamil, Anda harus tetap menjaga jumlah konsumsi buah delima, sebab terlalu banyak memakan biji delima bisa merusak lapisan email gigi Anda. Untuk mencegahnya, disarankan Anda memakan keju dalam jumlah kecil sebelum makan buah delima.