Mom
·
7 Juni 2021 8:17
·
waktu baca 2 menit

Melebihi Archie, Normalkah Berat Badan Anak Kedua Meghan Markle yang Baru Lahir?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Melebihi Archie, Normalkah Berat Badan Anak Kedua Meghan Markle yang Baru Lahir? (4185)
searchPerbesar
Pangeran Harry dan Meghan Markle. Foto: Instagram @dukeandduchessofcambridge
Kebahagiaan tengah menyelimuti Pangeran Harry dan Meghan Markle. Pasalnya, Meghan baru saja melahirkan anak keduanya pada Jumat (4/6) lalu. Namun, pernyataan resmi dari pasangan ini baru diumumkan pada Minggu (6/6) waktu setempat.
ADVERTISEMENT
Bayi berjenis kelamin perempuan itu pun diberi Nama Lilibet "Lili" Diana Mountbatten-Windsor dengan berat 7 lbs 11 oz atau sekitar 3.5 kilogram. Adapun Lili lahir pada pukul 11.40 pagi waktu AS di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage di Santa Barbara, California.
"Lili lahir pada Jumat, 4 Juni pukul 11.40 pagi dibantu oleh dokter dan staf di Santa Barbara Cottage Hospital di Santa Barbara, California. Beratnya 3.5 kg. Baik ibu dan anak dalam kondisi sehat dan sedang menjalankan masa pemulihan di rumah," tulis pernyataan resmi yang diunggah di website Yayasan Archewell milik mereka.
Melebihi Archie, Normalkah Berat Badan Anak Kedua Meghan Markle yang Baru Lahir? (4186)
searchPerbesar
Pangeran Harry, Meghan Markle dan Archie Harrison Foto: Instagram Sussex Royal
Jika kita bicara soal berat badan sang bayi, sebenarnya apakah berat badan 3.4 kilogram dapat dikatakan normal atau tidak, ya, untuk ukuran anak-anak Inggris dan Amerika?
ADVERTISEMENT

Penjelasan soal Normal Tidaknya Berat Badan Anak Kedua Meghan Markle yang Baru Dilahirkan

Melebihi Archie, Normalkah Berat Badan Anak Kedua Meghan Markle yang Baru Lahir? (4187)
searchPerbesar
Pangeran Harry dan Meghan Markle Foto: dok. Istimewa
BBC melansir meski begitu, umumnya rata-rata bayi di wilayah Kerajaan Inggris lahir dengan berat 3.4 kg untuk laki-laki dan 3.3 kg untuk perempuan. Disebutkan juga, berat badan bayi lebih besar atau lebih kecil tergantung pada wilayah tempat mereka dilahirkan. Untuk bagian Barat Daya Inggris misalnya, ada sekitar 44 persen bayi memiliki berat lebih dari 3.5 kg (7 lb 11 oz), sementara di London ada 37 persen.
Meski begitu berat badan lahir Lili ternyata melebihi berat badan lahir sang kakak, Archie. Bahkan beratnya juga melibihi berat sang ayah, Pangeran Harry ketika dilahirkan, Moms!
Diketahui, Archie Harrison Mountbatten-Windsor --bayi laki-laki Pangeran Harry dan Meghan Markle lahir pada 6 Mei 2019. Saat itu, Archie lahir dengan berat badan sekitar 3,2 kilogram.
ADVERTISEMENT
Sedangkan sang ayah, Pangeran Harry lahir pada 15 September 1984 dengan berat 6 lb 14 oz atau sekitar 3,1 kilogram.
Bagaimana bila dibandingkan dengan rata-rata berat lahir bayi di Amerika Serikat? Mengutip Very Well, rata-rata atau berat lahir rata-rata di sana adalah sekitar 3.4 - 3.5 kilogram. Persis berat badan Lili Diana, anak kedua Meghan Markle yang memang berasal dari negeri Paman Sam itu.
Namun perlu dipahami, rata-rata tak selalu berarti normal atau tidak. Sebab ada istilah berbeda yang digunakan untuk menggambarkan berat badan lahir, misalnya ketika bayi lahir prematur atau justru lewat hari perkiraan lahirnya. Jadi daripada menggunakan berat absolut saat bayi lahir, yang penting untuk diamati adalah grafik pertumbuhan setiap bayi.
ADVERTISEMENT