Untitled Image

Mengenal Pilav, Nasi Gurih Menu Sahur Khas dari Turki

18 April 2021 16:00
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mengenal Pilav, Nasi Gurih Menu Sahur Khas dari Turki (61372)
searchPerbesar
Mengenal Pilav, Nasi Gurih Menu Sahur Khas dari Turki Foto: Shutter Stock
Nasi dengan lauk-pauk umumnya jadi menu sahur masyarakat Indonesia. Namun rupanya, begitu juga dengan orang Turki lho, Moms! Mereka punya hidangan khas Ramadhan yang disebut pilav, ini sangat cocok dimakan saat sahur.
ADVERTISEMENT
Pilav adalah makanan yang terbuat dari beras atau bulgur yang ditumis bersama rempah-rempah di dalam minyak atau mentega hingga warnanya kekuningan. Kemudian beras yang sudah ditumis akan ditanak dengan air kaldu hingga menjadi nasi. Jika sekilas melihatnya, pilav ini seperti nasi goreng!

Pilav, Masakan Turki yang Berusia Ribuan Tahun

Mengenal Pilav, Nasi Gurih Menu Sahur Khas dari Turki (61373)
searchPerbesar
Mengenal Pilav, Nasi Gurih Menu Sahur Khas dari Turki Foto: Shutter Stock
Pilav telah menjadi bintang dalam menu kekaisaran di Turki maupun bagi masyarakatnya sejak ribuan tahun lalu. Ini dibuktikan setelah sejarawan menemukan resep pilav dari abad ke-13, di dapur filsuf Mevlana Celaleddin Rumi.
Kemudian sejak zaman Utsmaniyah, pilav menjadi makanan seremonial. Contohnya pada tahun 1539 ketika Sultan Suleyman menggelar pesta khitan untuk putranya, Bayezid dan Cihagir, hidangan pilav ada dalam menu makanan pesta mereka.
ADVERTISEMENT
Selain itu, dalam budaya Turki sejak ratusan tahun lalu, membuat pilav dasar beras juga dianggap sebagai ujian kelulusan bagi juru masak magang dan calon pengantin. Kriteria penilaiannya adalah setiap biji-bijian yang dipakai membuat pilav harus bisa terpisah, jangan sampai ada yang menyatu.

Pilav, Makanan dengan Banyak Variasi

Mengenal Pilav, Nasi Gurih Menu Sahur Khas dari Turki (61374)
searchPerbesar
Mengenal Pilav, Nasi Gurih Menu Sahur Khas dari Turki Foto: Shutter Stock
Pilav merupakan makanan dengan banyak sekali variasi. Ya, mulai dari pilav polos, mi pilav, saffron pilav, pilav hijau yang diwarnai dengan bayam dan jus lobak, pilav merah yang diwarnai dengan anggur, hingga pilav dengan tepung.
Kini, pilav dengan makanan laut atau seafood menjadi primadona. Saat menggelar pesta perayaan, orang Turki akan menghidangkan pilav yang diperkaya dengan makanan laut seperti kerang atau gurita. Kemudian ditambahkan paprika, bawang, dan terong goreng.
ADVERTISEMENT
Mengutip The Guide Istanbul, ada juga nasi pilav musiman yang dihidangkan dengan kacang polong dan artichoke segar untuk menyambut musim semi. Sementara untuk menyambut musim panas, biasanya pilav disajikan juga dengan tomat jemur.
Walaupun pilav bisa disajikan dengan beragam makanan mewah, nyatanya hidangan ini juga merupakan salah satu makanan kaki lima. Biasanya pilav nasi putih yang dicampur dengan mentega akan dijual di gerobak di sepanjang jalanan Turki.
Penasaran ingin tahu seperti apa rasanya? Coba saja membuatnya sendiri untuk menu sahur nanti. Cek resepnya di sini.
****
Saksikan video menarik di bawah ini: