kumparan
search-gray
Mom30 Juli 2020 7:56

MPASI Bayi Berbahan Oatmeal, Apa Saja Manfaatnya?

Konten Redaksi kumparan
MPASI Bayi Berbahan Oatmeal, Apa Saja Manfaatnya? (374488)
Ilustrasi bayi makan MPASI. Foto: Dok. Shutterstock
Memberi MPASI (makanan pendamping ASI) untuk bayi tidak boleh asal. Kita perlu memilih bahan-bahan yang kaya nutrisi untuk membuatnya. Mulai dari karbohidrat, mineral, protein, hingga vitamin yang baik, sehingga tumbuh kembang bayi pun jadi optimal. Salah satu bahan bernutrisi tinggi yang bisa diolah untuk jadi MPASI adalah oatmeal.
ADVERTISEMENT
Dilansir MomJunction, oatmeal baik diberikan pada bayi berusia enam bulan. Di dalamnya terkandung, serat, kalsium, protein dan beberapa vitamin B. Selain itu, oatmeal juga mengandung avenanthramides yang meredakan inflamasi. Bahkan bila bayi Anda terkena diabetes tipe 1, oatmeal bisa membantunya mengurangi resistensi insulin.
Lantas, apa lagi ya manfaat yang terkandung dalam oatmeal?
MPASI Bayi Berbahan Oatmeal, Apa Saja Manfaatnya? (374489)
Ilustrasi MPASI bayi berbahan oatmeal Foto: Shutterstock

Manfaat Oatmeal Sebagai MPASI Bayi

1. Mengatasi Sembelit

Gandum kaya akan serat sehingga bahan makanan ini bisa membantu mengatasi sembelit. Ahli medis merekomendasikan membuat oat sebagai bagian dari menu harian jika si kecil mengalami sembelit.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Oat mengandung sejenis gula yang disebut beta-glukan. Jeni gula bisa meningkatkan produksi sel sistem kekebalan tubuh. Jadi mengonsumsi gandum secara teratur bisa menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh, sehingga baik untuk bayi yang sedang tumbuh, Moms.
ADVERTISEMENT

3. Mengurangi Peradangan

Oat mengandung senyawa yang disebut avenanthramides yang bisa membantu mengurangi peradangan yang disebabkan berbagai alasan, termasuk infeksi dan luka. Bayi yang mengidap beberapa penyakit autoimun, mungkin bisa memanfaatkan sifat antiinflamasi dari gandum olahan ini.

4.Baik untuk Bayi Alergi Gluten

Beberapa bayi mungkin mengalami kondisi alergi terhadap gluten. Artinya, si kecil tidak bisa mengonsumsi biji-bijian seperti gandum dan gandum hitam. Namun mereka masih bisa mengonsumsi gandum yang bebas gluten, seperti oatmeal. Ya Moms, oatmeal membantu meningkatkan nilai gizi pada bayi.
MPASI Bayi Berbahan Oatmeal, Apa Saja Manfaatnya? (374490)
Ilustrasi bayi makan. Foto: Shutterstock

5.Baik untuk Bayi yang Mengalami GERD

Oatmeal juga baik untuk bayi dengan penyakit gastroesophageal reflux (GERD) yang umumnya sulit untuk mengonsumsi makanan padat dengan baik. Jadi ketika diberikan makanan padat, seringkali si kecil memuntahkannya. Agar lebih baik, beri bayi dengan GERD oatmeal yang berbentuk puree.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, banyak kan, manfaatnya? Maka tak perlu ragu untuk mengolah oatmeal jadi MPASI. Agar lebih bergizi, Anda juga bisa mengolahnya dengan berbagai campuran bahan lain mulai dari protein, sayuran hingga buah-buahan.
----
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu sesama. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white