Mom
·
11 Desember 2020 12:02

Panduan Memberikan MPASI saat Bayi Sakit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Panduan Memberikan MPASI saat Bayi Sakit (26980)
searchPerbesar
Bayi sakit Foto: Thinkstock
Ketika bayi sakit, nafsu makannya biasanya akan berkurang. Ya Moms, si kecil bisa jadi tidak berselera menyantap MPASI buatan Anda. Bahkan, bisa saja ia akan memuntahkan makanan yang sudah dimakannya.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut mungkin saja membuat Anda cemas. Sebab, selama sakit, Anda tetap harus memastikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh si kecil. Apalagi, jika ia harus minum obat.
Bila menghadapi hal itu, jangan langsung panik ya, Moms. Tetaplah mencoba untuk tenang dan ikut panduan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) berikut ini saat memberikan MPASI pada bayi yang sakit.
Panduan Memberikan MPASI saat Bayi Sakit (26981)
searchPerbesar
Ilustrasi bayi menolak makan atau MPASI. Foto: Shutterstock

Panduan Memberikan MPASI saat Bayi Sakit

Perlu diingat kembali ya, Moms, bayi yang sedang sakit tetap harus mendapatkan asupan MPASI yang bergizi seimbang. Ya, meski anak Anda tidak ingin makan, Anda bisa meningkatkan durasi menyusui. Sebelum disusui, buatlah si kecil merasa nyaman, misalnya dengan membersihkan hidungnya yang tersumbat.
Jika sudah sering disusui dan bayi masih tidak ingin makan, berikanlah makanan yang disukainya, agar perutnya tidak terlalu kosong. Anda juga bisa mencoba memberikan makanan yang lebih lunak, terutama jika mulut atau tenggorokannya sedang sakit.
ADVERTISEMENT
Menurut WHO, meski bayi tidak mau makan, jangan sampai dipaksa karena bisa jadi dia justru akan trauma. Sehingga, Anda bisa mencoba dengan sering-sering menawarkan MPASI dalam jumlah kecil, mungkin setiap dua jam sekali. Bujuk bayi Anda dengan lembut dan berikanlah makan saat si kecil sedang tidak mengantuk.
Catatan tambahan, apabila bayi sedang diare atau demam, maka ia harus mendapatkan asupan cairan ekstra. Bila bayi Anda benar-benar tidak mau makan dan terlihat lemas, segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, Moms.
Panduan Memberikan MPASI saat Bayi Sakit (26982)
searchPerbesar
Ilustrasi MPASI Bayi Foto: Shutterstock

Memberikan MPASI Setelah Anak Sembuh

Biasanya, nafsu makan anak akan kembali dan bahkan meningkat setelah sembuh. Jadi, ini waktu yang baik untuk memberikan makanan bergizi agar berat badan yang mungkin sempat turun bisa cepat kembali.
ADVERTISEMENT
Mengutip WHO, Anda bisa meningkatkan berat badan anak yang sempat sakit dengan cara lebih sering menyusuinya. Saat waktu makan tiba, pastikan Anda menciptakan suasana yang menyenangkan dan dorong anak untuk makan sebanyak mungkin.
Teruslah berikan makanan tambahan sampai berat badan anak yang hilang bisa kembali dan tumbuh dengan baik. Moms.