kumparan
search-gray
Mom24 Juli 2020 11:06

Parenting Islami: Adakah Doa Khusus agar Anak Sayang pada Orang Tuanya?

Konten Redaksi kumparan
Parenting Islami: Adakah Doa Khusus agar Anak Sayang pada Orang Tuanya? (217826)
Ilustrasi ibu dan anak muslim. Foto: Shutterstock/Asada Nami
Ibu mana yang tidak bahagia mengetahui anak yang sangat ia cintai juga punya rasa sayang yang besar untuk kedua orang tuanya. Ungkapan cinta seorang anak pun tak melulu diucapkan lewat kata-kata, tapi bisa juga melalui perbuatan yang mereka lakukan. Misalnya saja, membantu orang tua.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, sesederhana apa pun bentuknya, tentu akan berkesan dan membuat orang tua merasa senang. Tapi sebenarnya, adakah doa khusus agar anak selalu menyayangi orang tuanya dengan tulus?
Parenting Islami: Adakah Doa Khusus agar Anak Sayang pada Orang Tuanya? (217827)
Ilustrasi adakah doa khusus agar anak sayang pada orang tuanya? Foto: Thinkstock

Kata Ustazah soal Doa Khusus agar Anak Mencintai Orang Tuanya

Menurut Dr. Mauidlotun Nisa, Lc., S.Pd.I., M.Hum atau akrab disapa Ustazah Nisa tidak ada doa khusus terkait hal tersebut. Akan tetapi, ada beberapa cara yang dapat orang tua lakukan agar anak mereka bisa menyayangi orang tua dan keluarga dengan tulus.
Pertama, mendidik anak dengan penuh cinta. Kedua, mendoakan segala hal yang terbaik untuk anak dalam setiap salat Anda dan setiap waktu Ketiga, memberikan pendidikan agama yang baik pada anak.
"Dengan anak menjadi baik dan taat kepada Allah dan orang tua, itulah tanda cinta anak kepada kita, orang tua. Anak menjadi pintar membanggakan, itulah bentuk cintanya kepada orang tua. Anak selalu mendoakan kita sebagai orang tua adalah juga bentuk cintanya kepada kita," kata Ustazah Nisa kepada kumparanMOM, Kamis (23/7).
Parenting Islami: Adakah Doa Khusus agar Anak Sayang pada Orang Tuanya? (217828)
Ilustrasi keluarga Foto: Shutterstock

Anak Mencintai Orang Tua Tanpa Syarat

Direktur Rumah Quran dan Bahasa Al-Mujtaba tersebut kembali menjelaskan bahwa secara alami anak tentunya akan mencintai orang tuanya tanpa syarat, Moms. Namun, cinta tersebut dapat Anda tanamkan sedini mungkin dengan memberikan nilai-nilai kebaikan pada si kecil setiap saat dan konsisten.
ADVERTISEMENT
Meski tak ada doa khusus, Ustazah Nisa mengatakan bahwa ada banyak sekali surat dalam Al-Quran yang dapat Anda panjatkan agar anak dapat mencintai keluarga maupun orang tua. Adapun salah satu doa yang ia anjuran adalah sebagai berikut:
للّهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِيْ وَلاَ تَضُرُّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِيْ بِرَّهُمْ ....
(Allahumma baarik lii fii aulaadiiy, wah-fadh-hum walaa tadhurruhum, wawaffiqhum li-thoo’atika, war-zuqnii birrohum….)
Artinya: "Ya Allah, berkahilah aku, anak anakku, dan janganlah Engkau bahayakan mereka, berikan mereka jalan mudah (taufik) untuk mentaatimu, dan anugerahkan mereka kebaikan."
"Terutama, selalu bacakan Al-Fatihah untuk anak. Doa juga bisa dibacakan saat hamil atau bahkan sebelum hamil." tuturnya.
*****
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu sesama. Yuk, bantu donasi sekarang!
ADVERTISEMENT