kumparan
Mom14 Mei 2018 19:01

Penyebab Anak Suka Pilih-pilih Makanan

Konten Redaksi kumparan
Anak menolak makan.
Anak menolak makan. (Foto: Thinkstock)
Bila anak mau makan, tapi hanya mau makan yang itu-itu saja, bisa jadi ia masuk dalam kategori anak yang gemar memilih makanan. Ada berbagai hal yang menyebabkan anak gemar memilih makanan. Bisa karena faktor psikologis maupun fisiologis.
ADVERTISEMENT
Nah, agar si kecil tak gemar memilih-milih makanan, cermati dulu apa penyebab utamanya, Moms.
Berkembangnya Selera Makan
Ilustrasi anak makan junk food
Ilustrasi anak makan junk food. (Foto: Thinkstock)
Bisa jadi anak pilih makanan karena ia sedang mengembangkan dirinya sebagai individu yang punya selera, cita rasa dan pendapat sendiri tentang jenis makanan tertentu.
Hidangnya Itu-itu Saja
Ilustrasi anak menolak makan.
Ilustrasi anak menolak makan. (Foto: Thinkstock )
Bisa jadi anak menjadi sangat pemilih saat makan karena Anda hanya menghidangkan makanan yang itu-itu saja. Bagaimana anak bisa suka tahu dan tempe, bila Anda jarang menghidangkan lauk tersebut di meja makan.
Kurang Menggugah Selera
Anak makan.
Anak makan. (Foto: Thinkstock)
Sama seperti orang dewasa, si kecil juga terdorong menyantap makanannya bila dihidangkan dengan tampilan yang menggugah selera. Ingat Moms, penampilan yang menarik pada makanan sering kali lebih penting daripada jenis makanan itu sendiri.
ADVERTISEMENT
Tidak Memberi Contoh
Biasakan Makan Bersama
Biasakan Makan Bersama (Foto: Thinkstock)
Orang tua perlu memberikan contoh yang baik saat makan pada anaknya. Tak mungkin meminta anak untuk memakan sayuran sehat jika Anda sendiri justru senang makan dari restoran cepat saji. Ingat, anak cenderung akan memakan apa yang biasa orang tuanya makan.
Bila anak Anda mengalami salah satu hal di atas, segera berikan penanganan yang tepat, agar dia tak menjadi anak yang picky eater atau sangat pemilih soal makanan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan