kumparan
search-gray
Mom28 Juli 2020 20:01

Penyebab Pria Kehilangan Gairah Seks pada Istri yang Tengah Hamil

Konten Redaksi kumparan
Penyebab Pria Kehilangan Gairah Seks pada Istri yang Tengah Hamil (223893)
Ilustrasi hubungan seks saat hamil Foto: Shutterstock
Selama ini, hubungan seks dalam kehidupan rumah tangga Rio dan Yana baik-baik saja. Mereka saling mencintai dan sudah menikah selama dua tahun. Di mata Rio, Yana tak hanya baik tapi juga menarik. Apalagi kini sang itri tengah hamil anak pertama mereka.
ADVERTISEMENT
Tetapi Rio mengalami masalah yang membingungkan: “Sejak (Yana) hamil, gue jadi enggak punya keinginan untuk berhubungan seks gitu sama dia. Padahal di sisi lain, gue ngerasa tambah sayang sama dia, pengen bikin dia senang, bahagia, ” demikian Rio bercerita pada sahabatnya.
Rio pun dihinggapi rasa cemas dan bersalah. Ia takut Yana kecewa. "Enggak kebayang kalau dia sampai mikir gue hilang feeling sama dia," tambahnya.

Banyak Pria Alami Hal yang Sama

Penyebab Pria Kehilangan Gairah Seks pada Istri yang Tengah Hamil (223894)
Kekhawatiran dapat menekan hasrat pria untuk berhubungan seks Foto: Shutterstock
Mengutip Fatherly, masalah Rio, bukan tidak biasa. Banyak pria yang mengalami hal yang sama. Apa sebabnya?
Sayangnya, belum ada jawaban yang pasti, Moms. Karena beberapa penelitian justru menemukan bahwa pria sebenarnya lebih tertarik pada istri mereka ketika mereka hamil. Namun cukup banyak juga penelitian yang mengungkap adanya kekhawatiran para calon ayah akan keselamatan istri maupun janin yang dikandungnya. Kekhawatiran ini diduga dapat menekan hasrat pria untuk berhubungan seks.
ADVERTISEMENT
Pria bisa saja khawatir tubuh atau gerakannya saat berhubungan seks menyakiti istri tercinta atau anaknya yang masih ada di dalam kandungan. Ada juga, yang melihat istri yang tengah hamil sebagai sosok yang lemah, harus dilindungi atau dikasihani dan hubungan seks bertentangan dengan gagasannya ini.

Istri Hamil dan Hormon Suami

Penyebab Pria Kehilangan Gairah Seks pada Istri yang Tengah Hamil (223895)
Ilustrasi suami kehilangan gairah seks pada istri yang sedang hamil Foto: Shutterstock
Studi lain, yang diterbitkan dalam American Journal of Human Biology, mengungkap bagaimana para calon ayah umumnya mengalami penurunan testosteron --hormon yang terkait erat dengan dorongan seks pria. Meski dampaknya berbeda-beda pada setiap pria, perubahan hormon tersebut dipercaya memengaruhi perilaku seksualnya.
"Tubuh yang berubah bisa sangat sulit bagi sebagian pria," kata Mary Jo Rapini, seorang psikolog yang berspesialisasi dalam masalah seks dan keintiman dari Houston, AS.
ADVERTISEMENT
"Beberapa pria punya gambaran kuat tentang wanita yang mereka sukai secara seksual dan bisa terganggu saat gambaran ini tidak ditemukan lagi pada pasangannya," kata Rapini.
Bagi pria-pria yang seperti ini, tubuh dengan perut membuncit atau pakaian hamil bisa saja tak sesuai dengan gambaran yang mereka pegang tersebut.

Tidak Ada Hubungannya dan Bukan Salah Istri yang Hamil

Penyebab Pria Kehilangan Gairah Seks pada Istri yang Tengah Hamil (223896)
Masalah gairah seks yang hilang saat istri hamil perlu dibicarakan dengan terbuka Foto: Shutterstock
Apapun alasannya, menurut Rapini wanita perlu mengerti bahwa ketidaktertarikan suami untuk berhubungan seks saat istri hamil tidak ada hubungannya dengan mereka. "Semua bersumber dari emosi atau kondisi psikologis suami, jadi sama sekali bukan salah istri yang tengah hamil," tegasnya.
Rapini berpesan, masalah ini dapat diatasi dengan komunikasi secara terbuka antara suami-istri, Moms. Jika ini tampaknya tidak mungkin di antara Anda berdua, cobalah mencari bantuan profesional.
ADVERTISEMENT
“Ingat, hubungan seks itu penting. Berbicara dan terbuka juga penting. Menjaga hubungan emosional sangat penting, ” tutupnya
***
Saksikan video menarik di bawah ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white