Mom
·
29 September 2020 19:04

Penyebab Rasa Mual Setelah Berhubungan Seks

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Rasa Mual Setelah Berhubungan Seks  (542084)
Ilustrasi mual. Foto: Shutterstock
Setelah berhubungan seks, kita tentu berharap mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan. Namun tidak jarang, usai bercinta, Anda bisa mengalami gejala aneh pada tubuh, salah satunya adalah merasa mual. Hal ini pasti mengganggu aktivitas seksual Anda bersama suami ya, Moms.
ADVERTISEMENT
Lantas, apakah kondisi tersebut wajar dialami usai bercinta?
"Perasaan mual memang jarang terjadi, namun bukan berarti sesuatu yang aneh. Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin merasa mual usai berhubungan seks," kata Carey MD, asisten profesor sekaligus direktur divisi Bedah Ginekologi Minimal Invasive Universitas North Carolina, Amerika Serikat,
Nah Moms, untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa penyebab rasa mual usai berhubungan seks.
Penyebab Rasa Mual Setelah Berhubungan Seks  (542085)
Ilustrasi mual usai berhubungan seks Foto: Shutterstock

7 Penyebab Rasa Mual Usai Berhubungan Seks

1. Penetrasi Terlalu Dalam Saat Bercinta

Salah satu alasan yang paling umum adalah karena penetrasi yang terlalu dalam dan membuat Anda tidak nyaman, Moms.
"Penetrasi dalam memanipulasi organ panggul seperti uterus dan leher rahim khususnya, bisa mengakibatkan respons vagal yakni menyebabkan rasa mual," kata Carey.
ADVERTISEMENT
Selain itu, penurunan tekanan darah dan detak jantung merupakan respons terhadap penetrasi yang terlalu dalam ini. Mual adalah cara tubuh Anda memberi tahu bahwa dia kurang nyaman ada benda yang masuk ke dalam vagina Anda, Moms.

2. Terlalu Bersemangat

Merasa mual setelah berhubungan seks mungkin disebabkan oleh aktivitas seks yang terlalu bersemangat. Kondisi ini menyebabkan motion sickness, yakni kondisi yang mirip ketika Anda menaiki kendaraan. Bila ketika berhubungan seks Anda banyak bergerak ke atas dan ke bawah, ke depan dan ke belakang, mungkin saja Anda merasa mual usai bercinta.

3. Orgasme

Orgasme bisa menjadi salah satu alasan perut Anda menjadi tidak nyaman, sehingga menyebabkan pusing. Hal ini karena rahim berkontraksi saat orgasme sehingga menyebabkan respons viseral membuat Anda merasa mual. Namun jangan khawatir, kondisi ini cukup umum terjadi kok.
ADVERTISEMENT

4. Kista Rahim

Jika tidak ada satupun kemungkinan sebelumnya dialami oleh Anda, rasa mual itu mungkin disebabkan adanya tanda bahwa sesuatu yang serius sedang terjadi di dalam tubuh Anda.
"Aktivitas seks mungkin mengiritasi kista ovarium atau mengenai fibroid yang ada di dalam tubuh. Ini bisa menyebabkan gangguan pada organ panggul Anda," ujar Carey.
Penyebab Rasa Mual Setelah Berhubungan Seks  (542086)
Ilustrasi mual usai berhubungan seks Foto: Shutterstock

5. Respons Emosional

Jika Anda berada dalam hubungan yang kurang baik, Carey mengatakan ini bisa saja terjadi, sebab pikiran dan tubuh itu terhubung. Sehingga bisa memungkinkan Anda merasakan mual setelah berhubungan intim dengan pasangan. Namun, bila tidak ada masalah pada hubungan Anda yang sekarang, kemungkinan Anda mengalami trauma emosional saat berhubungan seks.

6. Alkohol

Jika Anda biasanya berhubungan seksual setelah minum alkohol, ini bisa jadi penyebab rasa mual Anda, Moms. Ya, Anda mungkin merasa mual karena efek alkohol dalam diri Anda.
ADVERTISEMENT

7. Menelan Sperma Suami

Selesai memberikan oral seks, beberapa wanita mungkin memilih untuk menelan sperma suami daripada memuntahkannya. Namun, ada juga yang memuntahkannya karena merasa mual, hal ini bisa saja terjadi sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman.
Namun jika gejala ini berlanjut, segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih serius, sehingga Anda dan suami bisa berhubungan seks dengan nyaman.