Mom
·
28 Oktober 2020 12:09

Posisi Tidur yang Aman Setelah Melahirkan Caesar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Posisi Tidur yang Aman Setelah Melahirkan Caesar (571301)
searchPerbesar
Ilustrasi bekas jahitan operasi caesar. Foto: Shutter Stock
Moms, melahirkan lewat operasi caesar tentu akan meninggalkan bekas luka atau sayatan di area perut. Untuk itu, Anda harus bisa merawat bekas sayatan tersebut dengan sebaik mungkin. Sebab jika tidak, bisa saja Anda akan mengalami infeksi atau bahkan bengkak di bagian tersebut.
ADVERTISEMENT
Selain itu, setelah melahirkan banyak ibu yang merasa lelah dan rasanya ingin beristirahat. Tapi tunggu dulu, Moms. Anda rupanya juga harus memerhatikan posisi tidur. Ya, ini dianggap sebagai salah satu faktor pendukung agar luka cepat pulih sekaligus mengurangi rasa nyeri pada bekas sayatan tersebut.
Lantas, bagaimana posisi tidur yang aman setelah melahirkan secara caesar? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti seperti dilansir Parenting First Cry.
Posisi Tidur yang Aman Setelah Melahirkan Caesar (571302)
searchPerbesar
Ilustrasi posisi tidur ibu setelah melahirkan secara caesar. Foto: Shutterstock

Posisi Tidur yang Aman Setelah Melahirkan secara Caesar

1. Telentang

Banyak wanita memilih untuk tidur telentang sebagai posisi paling nyaman setelah operasi caesar. Dalam posisi ini, bekas sayatan di perut Anda pun tak akan mendapat tekanan. Namun, saat berbaring telentang, Anda disarankan untuk meletakkan bantal di bawah lutut sebagai penopang. Hal ini dilakukan agar punggung bagian bawah Anda tetap terasa nyaman saat tidur.
ADVERTISEMENT
Namun, salah satu kekurangan tidur dengan posisi ini adalah perut Anda bisa saja tegang saat duduk atau bangun dari tempat tidur. Jadi, ketika Anda terbangun dari posisi ini, pastikan Anda tak terburu-buru untuk lekas bangun, ya, Moms.
Posisi Tidur yang Aman Setelah Melahirkan Caesar (571303)
searchPerbesar
Ilustrasi posisi tidur ibu setelah melahirkan secara caesar. Foto: Shutterstock

2. Posisi Tubuh Bagian Atas (Kepala dan Badan) Lebih Tinggi

Posisi tidur dengan menggunakan bantal ekstra untuk mengganjal kepala atau badan dianggap jadi salah satu posisi yang aman Anda lakukan setelah melahirkan caesar. Posisi ini juga dapat membantu sistem pernapasan Anda berjalan dengan lancar karena membuat tubuh menjadi rileks.

3. Posisi Kaki Lebih Tinggi

Tidur dengan posisi ini juga dapat membuat Anda aman dan nyaman, serta dapat melancarkan peredaran darah di area kaki Anda, Moms. Sebab biasanya, kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang bengkak setelah melahirkan. Anda pun cukup tidur telentang dan letakkan tumpukan bantal di bawah kaki hingga posisnya sedikit lebih tinggi dari badan Anda.
Posisi Tidur yang Aman Setelah Melahirkan Caesar (571304)
searchPerbesar
Ilustrasi bayi tidur bersama ibu Foto: Shutterstock

4. Menyamping

Anda mungkin merasa nyaman untuk tidur dengan posisi miring atau menyamping setelah melahirkan. Ya Moms, tidur ke sisi kiri sendiri dianggap dapat melancarkan aliran darah dan membuat pencernaan lebih optimal. Anda pun disarankan untuk menggunakan bantal untuk menopang bagian perut dan pinggul Anda agar terasa nyaman.
ADVERTISEMENT
Kendati aman dan nyaman, namun rupanya posisi tidur ini tidak disarankan bila Anda baru saja selesai menjalani operasi caesar, Moms. Sebabnya, pasca operasi tentu bekas jahitan masih basah dan Anda akan mengalami nyeri di area perut. Jadi, tunggu beberapa minggu atau ikutilah arahan dari dokter kandungan Anda, ya!