kumparan
22 Oktober 2019 8:29

Seperti Apa Perkembangan Janin pada Usia Satu sampai Tiga Bulan?

janin - potrait.jpg
ilustrasi janin Foto: Shutterstock
Saat pertama kali melakukan pemeriksaan USG, saat itu jugalah ibu hamil (dan calon ayah) dapat melihat janin kecil di dalam sana. Tentu saja, bentuk maupun besarnya sesuai dengan usia kehamilan ya, Moms.
ADVERTISEMENT
Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, janin juga akan terus berkembang secara bertahap pada tiap trimesternya.
Lantas seperti apa perkembangan janin pada tiga bulan pertama kehamilan? kumparanMom mengutipnya dari WEBMD untuk Anda.
Bulan Pertama
janin usia 4 minggu.jpg
ilustrasi janin usia 1 bulan Foto: Shutterstoc
Di bulan pertama, kantong ketuban dan plasenta sudah terbentuk. Kantong ketuban berguna untuk melindungi embrio dengan cara membungkusnya dengan ketat. Sementara plasenta berfungsi untuk mentransfer nutrisi dari ibu ke janin.
Fisiknya juga sudah mulai terbentuk, yaitu muncul lingkaran hitam di wajah yang nantinya berkembang menjadi mata. Selain itu mulai terbentuk juga rahang bagian bawah, mulut, tenggorokan, dan sel darah embrio.
Meski begitu, si kecil di perut Anda baru berukuran sekitar 6-7 milimeter atau setara satu butir beras atau biji apel saja.
ADVERTISEMENT
Bulan Kedua
Janin usia 2 bulan
Embrio usia 2 bulan. Ukurannya sebesar kacang merah Foto: Shutterstock
Memasuki usia dua bulan kehamilan, wajah janin akan terus mengalami perkembangan. Kemudian, lipatan kecil sebagai cikal bakal telinga juga mulai terbentuk. Pada bagian tubuh yang lain juga sudah terlihat pertumbuhan tunas yang akan tumbuh menjadi tangan dan kaki.
Pada masa ini juga tulang rawan janin sudah berganti menjadi tulang, Moms. Jaringan sistem saraf pusat pun sudah terbentuk. Yaitu berupa otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan saraf lain. Selain itu, jantung mulai terbentuk bersamaan dengan sistem peredaran darah.
Pada akhir bulan kedua, janin Anda bertambah panjang yaitu sekitar 2,54 cm dan berat sekitar 9,45 gram, dengan bagian kepala berukuran sepertiga dari ukuran seluruh tubuh.
Bulan Ketiga
Janin usia 3 bulan
Janin usia 3 bulan. Foto: Shutterstock
Pada bulan ketiga, tubuh janin sudah terbentuk lebih lengkap, yaitu sudah memiliki lengan, tangan, kaki, telinga, serta mulai membentuk gigi. Jari-jari tangan dan kukunya juga sudah mulai terbentuk.
ADVERTISEMENT
Organ dalam juga mulai berkembang. Hati mulai memproduksi empedu, sistem urine mulai bekerja, sistem peredaran darah juga mulai beroperasi. Sebenarnya organ reproduksi sudah mulai mengembang, tetapi jenis kelamin belum dapat dipastikan meski sudah diperiksa melalui USG.
Bagaimana dengan ukuran tubuhnya?
ilustrasi janin
janin Foto: Shutterstock
Pada akhir trimester pertama kehamilan, tubuh janin semakin panjang yaitu sekitar 7,6-10 cm dengan berat 28 gram. Pada masa ini janin juga sudah dapat membuka mulut dan mengepalkan tangan. Anda mungkin bisa melihatnya di hasil cetak USG juga, Moms. Gemas, ya!
Tapi perlu diingat, tiga bulan awal atau trimester pertama adalah masa yang rawan bagi perkembangan janin. Jadi, lengkapi nutrisi harian Anda dan hindari hal-hal yang berisiko untuk meminimalisir terjadinya keguguran.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan