kumparan
search-gray
Mom25 Juli 2020 9:01

Sering Tak Disadari Orang Tua, 5 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Bayi Susah Tidur

Konten Redaksi kumparan
Sering Tak Disadari Orang Tua, 5 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Bayi Susah Tidur (1227753)
ilustrasi bayi susah tidur Foto: Shutterstock
Kalau bayi susah tidur, orang tua mana yang tak resah. Bukan hanya takut kesehatan bayi terganggu akibat kurang istirahat, tapi rasa lelah karena harus terus berusaha menidurkan bayi bisa bikin stres juga! Apalagi kalau kita merasa sudah mencoba berbagai cara.
ADVERTISEMENT
Tapi tahukah Anda, ternyata orang tua juga bisa jadi penyebab bayi susah tidur khususnya di malam hari. Ya Moms, kita sering kali tidak menyadari ada hal-hal yang kerap kita lakukan dan bisa mengakibatkan bayi jadi susah tidur. Apa saja?
Sering Tak Disadari Orang Tua, 5 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Bayi Susah Tidur (1227754)
Saat lelah dan mengantuk, bayi akan membuat berbagai tanda Foto: Shutterstock

Mengabaikan tanda mengantuk dari bayi

Saat lelah dan ingin tidur, bayi akan memberi tanda. Antara lain, menggosok-gosok mata, menguap, rewel dan tidak ada minat bermain hingga tampak lebih lambat gerakannya.
Sayangnya, orang tua kerap tidak menyadari bahkan mengabaikan tanda-tanda ini sehingga tidak segera membawa bayi ke ruangan yang tenang dan redup agar ia bisa tertidur.
Akibatnya? Tubuh bayi tidak akan memompa melatonin --sebuah hormon yang dapat menenangkan tubuh. Sebaliknya kelenjar adrenalnya akan menghasilkan kortisol, hormon yang dapat menghasilkan stres pada bayi.
ADVERTISEMENT

Membiarkan bayi tidur di mana saja

Sering membiarkan bayi tidur di mana saja seperti di stroller, di sofa, di mobil dan tempat lainnya? Banyak orang tua berpikir ini tidak apa-apa. Yang penting, bayi bisa tidur!
Faktanya? Membiarkan bayi tidur di mana saja membuat si kecil tidak tidur nyenyak. Bila ingun bayi punya kualitas tidur yang baik, orang tua perlu membiasakan bayi tidur secara konsisten di tempat tidur yang sama.
Sering Tak Disadari Orang Tua, 5 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Bayi Susah Tidur (1227755)
Ada berbagai penyebab bayi susah tidur Foto: Shutterstock

Tidak membuat rutinitas tidur

Bayi butuh waktu persiapan untuk tidur. Untuk itu, bayi perlu dibantu membuat rutinitas tidur untuk memahami ada waktu-waktu tertentu yang menandakan saatnya ia harus tidur.
ADVERTISEMENT
Membuat rutinitas tidur bisa Anda lakukan dengan meredupkan lampu kamar, tidak membuat suara bising satu jam sebelum waktu tidur dan menyanyikan lagu pengantar tidur yang sama untuknya.

Membiarkan bayi tidur larut malam

Sudahkah Anda menentukan jam tidur untuk si kecil? Bila belum, buatlah dan ikuti agar bayi memahami jadwal tidurnya.
Ya Moms, meski bayi punya rasa kantuk sendiri, orang tua tetap perlu memberikan stimulus pada bayi agar ia memahami bahwa ini adalah waktunya untuk tidur.
Pastikan juga jadwal tidur bayi tidak terlalu larut, ya. Ini supaya bayi tidak kelelahan di hari berikutnya.
Sering Tak Disadari Orang Tua, 5 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Bayi Susah Tidur (1227756)
Ilustrasi ibu menggendong bayi yang susah tidur Foto: Shutter Stock

Langsung menggendong bayi saat ia terbangun

Jangan terlalu cepat menggendong jika bayi terbangun di malam hari. Hal tersebut justru bisa membuat si kecil semakin susah tidur, karena Anda seperti mengganggu bayi yang mengantuk untuk kembali tidur.
ADVERTISEMENT
Tunggulah sebentar dan jangan langsung bergerak, bersuara atau menyalakan lampu kamar. Bisa jadi, bayi akan belajar menenangkan dirinya sendiri dan tidur kembali.
---
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu sesama. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white