Mom
·
24 Mei 2021 11:10

Telapak Kaki Bayi Dingin, Perlukah Diwaspadai?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Telapak Kaki Bayi Dingin, Perlukah Diwaspadai? (178079)
searchPerbesar
ilustrasi ibu dan bayi baru lahir Foto: Shutterstock
Memperhatikan bayi dari ujung kepala hingga telapak kaki memang menyenangkan. Semua serba mungil dan menggemaskan. Tapi saat tengah memperhatikan atau mengurus bayi terutama bayi baru lahir, pernahkah Anda mendapati telapak kakinya dingin meski di ruangan yang panas?
ADVERTISEMENT
Moms, bila mendapati kondisi ini pada bayi, ada beberapa hal yang kita perlu pahami sekaligus waspadai. Yuk, baca terus sampai habis artikel ini.

Penyebab Telapak Kaki Bayi Dingin

Telapak Kaki Bayi Dingin, Perlukah Diwaspadai? (178080)
searchPerbesar
Penyebab Telapak Kaki Bayi Dingin Foto: Shutterstock
Dokter anak Daniel Ganjian, MD menjelaskan, bayi memiliki telapak kaki yang cenderung dingin bahkan bisa jadi tampak kebiruan akibat dari sistem peredaran darahnya yang belum matang dan menyebabkan keterlambatan dalam pergerakan darah ke ekstremitas. Jadi kondisi kaki dingin dan berwarna kebiruan pada bayi merupakan hal yang normal.
“Selama bayi tidak biru atau dingin di tempat lain, seperti wajah, bibir, lidah, atau dada, maka kaki yang dingin sama sekali tidak berbahaya,” kata dr. Ganjian seperti dilansir Romper.
Ia menyarankan, coba balut kaki bayi dengan selimut atau kaus kaki, pijat lembut kaki dan tungkainya, atau mengompresnya dengan air hangat untuk membantu memperlancar peredaran darah si kecil.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga dijelaskan pada laman Parents. Karena sistem peredaran darah bayi masih berkembang, darah lebih sering dialirkan ke tempat yang paling dibutuhkan seperti organ dan sistem vitalnya. Sementara, tangan dan kakinya adalah bagian tubuh terakhir yang mendapatkan suplai darah yang baik.
Biasanya, sistem peredaran darah bayi akan beradaptasi sepenuhnya dengan kehidupan di luar rahim dalam 3 bulan pertama. Artinya, kaki bayi yang terasa dingin akan hilang seiring bertambahnya usia si kecil.
Namun memang, ada juga beberapa hal yang perlu diwaspadai terkait kondisi kaki dingin pada bayi. Apa saja?

3 Hal yang Perlu Diwaspadai Bila Kaki Bayi Dingin

Telapak Kaki Bayi Dingin, Perlukah Diwaspadai? (178081)
searchPerbesar
3 Hal yang Perlu Diwaspadai Bila Kaki Bayi Dingin Foto: Pixabay
1. Kaki Bayi Dingin Disertai demam tinggi
Dikutip dari Parenting Firstcry, apabila kondisi kaki bayi yang dingin disertai dengan tubuhnya yang demam di atas 38 derajat celcius dan ia cenderung rewel, ada baiknya untuk segera membawanya ke dokter. Ini bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan yang mungkin berbahaya.
ADVERTISEMENT
2. Gejala Meningitis
Kaki yang dingin pada bayi bisa menjadi salah satu gejala penyakit meningitis, yaitu infeksi pada otak. Selain kakinya yang dingin, biasanya bayi akan mengalami demam, kaku leher, fontanel mengembung atau bintik lunak di kepala, muntah serta nafsu makan yang menurun.
3. Ada Bagian Tubuh Lain yang Membiru
Dokter Ganjian mengatakan bahwa jika kebiruan hanya muncul di kaki bayi, maka itu hal yang normal. Tapi apabila Anda menemukan bagian tubuh lainnya yang ikut membiru, seperti bibir, tangan atau dada itu perlu diwaspadai. Sebab, ini bisa menandakan bahwa si kecil kekurangan oksigen karena peredaran darahnya yang bermasalah.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis