Mom
·
11 Juni 2021 19:12
·
waktu baca 3 menit

Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil (41503)
Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil Foto: Freepik
Rahim punya peran penting dalam kesuburan seorang wanita. Ya Moms, bila ingin bisa cepat hamil, kita harus memiliki rahim yang sehat dan subur.
ADVERTISEMENT
Alasannya? Fungsi utama rahim adalah untuk memelihara sel telur yang telah dibuahi. Setelah ovum yang dibuahi ditanamkan ke dalam endometrium--lapisan rahim bagian dalam, ovum memperoleh makanan dari pembuluh darah rahim, hingga akhirnya menjadi embrio dan kemudian janin.
Jadi jika rahim subur dan sehat, maka Anda pun bisa cepat hamil. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya rahim subur.

Beberapa Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil

1. Makan makanan yang seimbang
Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil (41504)
Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil Foto: Thinkstock
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Obstetrics and Gynecology, makan daging merah dapat melipatgandakan risiko fibroid rahim. Fibroid rahim adalah pertumbuhan daging jinak yang berkembang di dalam rahim.
Sedangkan makan banyak sayuran dapat mengurangi risikonya hingga 50 persen. Seperti makan brokoli, kembang kol, hingga kubis, yang memiliki senyawa indole 3 carbinol. Senyawa ini dapat meningkatkan metabolisme estrogen tapi juga dapat membantu tubuh menghilangkan kelebihan estrogen.
ADVERTISEMENT
Mengutip Healthline, estrogen perlu seimbang karena berfungsi dalam mengatur siklus menstruasi dan mempengaruhi seluruh sistem reproduksi. Sehingga, jika estrogen seimbang, rahim Anda pun akan subur dan cepat hamil.
2. Mengurangi asupan kafein
Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil (41505)
Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil Foto: Dok. Istimewa
Jika dikonsumsi berlebihan, kafein dapat memperparah fibroid rahim karena dapat meningkatkan produksi estrogen, Moms. Seperti dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Fertility and Sterility, wanita yang mengkonsumsi 500 miligram kafein setiap hari atau setara dengan empat hingga lima cangkir kopi, akan menghasilkan 70 persen lebih banyak estrogen.
Estrogen yang dihasilkan tersebut biasanya terjadi pada fase folikuler, yakni masa pra ovulasi dari siklus menstruasi. Jika memang Anda masih membutuhkan kafein, cobalah beralih ke teh hijau yang lebih lembut dan kurangi perlahan-lahan asupan Anda.
ADVERTISEMENT
3. Berolahraga
Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil (41506)
Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil Foto: Shutter Stock
Sebuah studi di American Journal of Epidemiology menemukan bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi perkembangan fibroid rahim, terutama bagi mereka yang rutin berolahraga selama empat jam dalam seminggu.
Lalu bagaimana soal klaim yang mengatakan bahwa olahraga sebenarnya dapat menghambat kesuburan?
Pilih lah olahraga ringan, seperti berjalan atau melakukan yoga fertility. Dua olahraga ini dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kekuatan, dan kelenturan otot-otot di sekitar rahim.
Supaya lebih aman, Anda bisa berbicara pada dokter kandungan soal olahraga terbaik jika memang ingin segera hamil.
4. Berhenti merokok
Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil (41507)
Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil Foto: PublicDomainPictures via Pixabay
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa merokok adalah salah satu penyebab paling umum dalam masalah kesuburan. Satu studi yang dikutip dari The Fertility Institute, menemukan bahwa merokok dapat mempengaruhi penerimaan rahim.
ADVERTISEMENT
Sehingga jika Anda perokok aktif, maka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa hamil. Merokok juga membuat ovarium Anda menua dan dapat menurunkan kesehatan secara keseluruhan.
5. Jangan stres
Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil (41508)
Tips Agar Rahim Subur dan Cepat Hamil Foto: Shutterstock
Stres yang tidak terkendali juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Mulai dari berat badan yang meningkat, peradangan di tubuh, hingga menstruasi yang tidak teratur. Sehingga stres merupakan salah satu penyebab yang diketahui dapat mengurangi kesehatan rahim.
Jadi cobalah untuk santai dan menghindari stres. Bisa dengan meminta tolong pada suami, atau melakukan hal yang Anda suka. Juga, atur pola tidur Anda supaya lebih konsisten dan berkualitas.