Mom
·
15 Oktober 2020 11:00

Tips Berikan MPASI untuk Bayi yang Sedang Tumbuh Gigi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Berikan MPASI untuk Bayi yang Sedang Tumbuh Gigi (98573)
Ilustrasi gigi bayi. Foto: Shutterstock
Di usia 6 bulan, bayi biasanya sudah mulai tumbuh gigi. Ya Moms, diawali dengan dua gigi seri di bawah, kemudian diikuti dengan dua gigi seri di atas. Meski begitu, tumbuh kembang bayi tidak selalu sama. Sehingga. mungkin saja ada bayi yang tumbuh gigi lebih cepat atau lebih lambat, dan hal itu normal terjadi.
ADVERTISEMENT
Saat sedang tumbuh gigi, memberikan MPASI untuknya bisa jadi tantangan tersendiri. Sebab, si kecil bisa saja enggan untuk memakan makanannya karena rasa nyeri di gusinya. Hal ini tentu saja membuat orang tua merasa khawatir, karena takut kebutuhan nutrisi anak tidak terpenuhi.
Lantas, apa yang harus dilakukan orang tua?
Tips Berikan MPASI untuk Bayi yang Sedang Tumbuh Gigi (98574)
Ilustrasi MPASI Bayi Foto: Shutterstock

Tips dari Dokter saat Memberi MPASI pada Bayi yang Tumbuh Gigi

Memberi MPASI ketika bayi tumbuh gigi memang tak mudah. Namun harus tetap dilakukan demi kecukupan nutrisi harian anak. Dokter Spesialis Anak, dr. Wiyarni Pambudi, Sp.A, IBCLC mengatakan, wajar bila ketika tumbuh gigi si kecil berulang kali menolak makanan.
"Antara usia 6-8 bulan hingga 2-3 tahun, anak mungkin akan tumbuh gigi berulang kali dan susah untuk makan. Rasa tidak nyaman dan cenderung 'ngeces' bisa mengurangi selera makan bayi. Bayi mungkin menolak makan atau menyusu selama tumbuh gigi," kata dr. Wiyarni saat dihubungi kumparanMOM belum lama ini.
ADVERTISEMENT
Ia pun menyarankan agar orang tua menyajikan menu makanan favorit si kecil dengan tekstur yang sesuai dengan kondisinya saat ini.
"Kita mengatasinya, sajikan menu kesayangan yang jadi favoritnya, dalam tekstur yang lunak atau mudah ditelan. Pilih bahan dengan warna-warni cerah agar menambah daya tarik saat makan," ujarnya.
Tips Berikan MPASI untuk Bayi yang Sedang Tumbuh Gigi (98575)
Ilustrasi bayi tumbuh gigi. Foto: Shutter Stock
Selain itu, kata dr. Wiyarni, Anda juga bisa menyediakan makanan dan camilan buah segar yang didinginkan untuk bayi, Moms. Makanan dingin akan meredakan rasa nyeri di gusi si kecil.
"Tawarkan cemilan buah segar yang didinginkan, karena rasa dingin membantu mengurangi nyeri di rongga mulut bayi. Bisa juga diberikan kudapan finger food dengan pengawasan orang dewasa," tutupnya.