Mom
·
6 Juni 2021 18:58
·
waktu baca 2 menit

Tips Mengejan saat Melahirkan agar Tidak Terjadi Robekan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Mengejan saat Melahirkan agar Tidak Terjadi Robekan (10239)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu melahirkan. Foto: Shutterstock
Salah satu hal yang ditakutkan ibu hamil di saat melahirkan nanti adalah terjadinya robekan di perineum, yakni area di antara anus dan vulva. Ya, perineum robek biasanya karena ukuran kepala bayi yang terlalu besar dan vagina tidak bisa meregang terlalu lebar.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya tidak ada cara yang pasti bagaimana menghindari robekan pada perineum saat melahirkan. Namun jika ingin mengurangi risikonya, Anda bisa melakukan pijat perineum beberapa minggu sebelum melahirkan atau dimulai saat kehamilan memasuki usia 37 minggu. Jangan melakukannya kurang dari 37 minggu karena akan menyebabkan kontraksi, Moms!
Anda juga perlu mengejan dengan tepat dan selalu mendengarkan arahan dokter atau bidan saat bersalin. Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan agar perineum tidak robek saat melahirkan? Cek penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengejan saat Melahirkan agar Tidak Terjadi Robekan

Tips Mengejan saat Melahirkan agar Tidak Terjadi Robekan (10240)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu melahirkan. Foto: Shutterstock
Perineum sebenarnya cenderung tidak robek jika proses mengejan saat melahirkan Anda bisa terkontrol. Mengapa demikian? Mengutip Baby Center, proses tersebut memungkinkan banyak waktu bagi perineum untuk meregang dan mengakomodasi bayi.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, ingat untuk selalu mendengarkan arahan dokter atau bidan. Jadi lebih baik atur napas Anda dan mengejanlah di saat dokter atau bidan memintanya.
Kemudian, saat melahirkan, ibu sebaiknya tidak mengejan sebelum kondisi serviks sudah melebar 10 cm dan bayi bergerak semakin rendah ke arah jalur lahir. Pasalnya mengejan sebelum tercapainya kondisi ini dapat menyebabkan pembentukan caput di kepala bayi, leher rahim akan membengkak, dan perineum Anda robek.
Dalam salah satu penelitian, penggunaan kompres hangat pada perineum saat proses melahirkan juga akan mengurangi risiko robekan yang serius. Maka carilah dokter atau bidan yang berpengalaman dalam membantu ibu melahirkan dengan minim jahitan perineum.
Tetapi selalu ingat bahwa, tidak ada yang tahu bagaimana nanti proses melahirkan Anda berlangsung. Jadi bisa saja Anda tidak bisa menghindari robekan, terutama jika bayi terlalu besar atau dalam posisi sulit, atau mungkin karena perineum Anda rapuh.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Anda juga bisa belajar soal cara mengejan yang tepat dari artikel kumparanMOM berikut: