kumparan
13 September 2019 17:10

Tips Olah Buah Labu Jadi Makanan Bayi

Labu
Ilustrasi Buah Labu untuk makanan bayi. Foto: Shutterstock
Mengolah makanan bayi mungkin jadi salah satu kesibukan baru Anda saat si kecil memasuki usia 6 bulan. Ya, di usia itu, ASI saja sudah tidak cukup memenuhi nutrisinya, sehingga ia perlu mendapat makanan tambahan yang bergizi.
ADVERTISEMENT
Salah satu jenis makanan yang bisa Anda oleh menjadi menu MPASI adalah labu. Labu mengandung tinggi serat, namun rendah lemak dan kalori. Labu juga mengandung banyak zat yang berguna untuk perkembangan bayi seperti kalsium magnesium, vitamin A dan C, karotenoid, tinggi antioksidan, karoten, kalium, tryptophan, dan antelmintik.
Dilansir Mom Junction, labu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi di antaranya membantu memperkuat tulang, meningkatkan kemampuan mata bayi, membantu mengatur pergerakan usus bayi, mencegah sembelit, menghilangkan radikal bebas, mencegah kanker, meningkatkan kekebalan tubuh bayi, membantu agar bayi tidur lebih nyenyak, dan mencegah infeksi.
Meski begitu, beberapa bayi ada yang mengalami alergi labi. Oleh sebab itu, jika si kecil punya keturunan alergi, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memberikan labu.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana cara mengolah buah labu untuk menjadi makanan bayi? Simak tips berikut ini, seperti dikutip Parents:
Labu kuning
Labu kuning untuk MPASI Bayi Foto: Shutter stock
Pilih Warna Oranye Tua
Buah labu ternyata cocok dipadukan dengan sayuran yang kurang manis seperti zucchini dan kacang hijau. Selain itu, buah ini juga cocok dicampur dengan buah-buahan atau daging. Untuk memilih labu untuk makanan bayi, pilihlah labu yang berwarna oranye tua dengan berat sekitar 1 kilogram. Satu kilogram labu bisa untuk menghasilkan sekitar 28 ons puree, Moms.
Bilas dengan Air Dingin
Bila labu belum dipotong, gosok labu dengan sikat sayur kecil untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Jika Anda membeli labu yang sudah dikupas dan dipotong, letakkan di saringan dan cuci dengan air dingin.
ADVERTISEMENT
Rebus Labu
Saat Anda membeli labu yang utuh, potong menjadi dua bagian. Lalu ambil bijinya dengan sendok, olesi setiap bagian dengan minyak zaitun dan letakkan sisi kulitnya di atas loyang. Agar daging labu tetap lembap, tambahkan sedikit air sebelum di panggang di oven pada 232 derajat celsius selama 45 menit hingga lunak. Angkat dari oven dan masukkan daging dalam mangkuk.
Jika Anda membeli labu yang sudah dikupas dan dipotong, didihkan air dalam panci sedang. Masak potongan labu sekitar 15 menit sampai lunak. Tiriskan dan bilas dengan air dingin selama tiga menit hingga uapnya hilang.
puree labu
puree labu Foto: Shutter Stock
Haluskan Labu
Haluskan labu yang sudah dimasak tadi ke dalam food processor atau blender sampai halus. Untuk membuat teksturnya lebih halus, Anda bisa menambahkan ASI atau susu formula sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai konsistensi yang diinginkan. Untuk bayi sekitar 10 bulan, Anda juga bisa menyajikan labu yang sudah dimasak sebagai finger food dengan memotong-motong buah labu seukuran jari bayi.
ADVERTISEMENT
Campuran Labu
Anda bisa berkreasi dengan mencampurkan sayuran yang kurang manis, daging, atau buah-buahan untuk membuat makanan bayi, Moms. Coba campurkan labu dengan pir, timun jepang, brokoli, kacang-kacangan, daging ayam, atau kayu manis.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan