kumparan
3 Desember 2019 11:07

Tips Olah Melon jadi Makanan Bayi

bayi makan buah potrait
Ilustrasi bayi makan melon. Foto: Shutterstock
Buah-buahan bercita rasa manis dan segar tentu cocok pula diolah menjadi makanan bayi. Salah satunya adalah buah melon, Moms.
ADVERTISEMENT
Buah yang dagingnya berwarna hijau dan kuning ini, hampir 90 persennya mengandung air, sehingga mudah dicerna oleh si kecil. Tak hanya rasanya saja yang disukai anak-anak, buah melon juga mengandung banyak nutrisi seperti tinggi beta karoten yang baik untuk penglihatan, vitamin C, kalium, serat, folat, vitamin B6, dan niasin.
Lantas, bagaimana cara mengolah melon untuk makanan bayi?
Melon
Melon. Foto: Shutter Stock
Melansir dari Homemade Baby Food Recipes, pertama, pastikan melonnya matang dan segar. Caranya, pilihlah ujung buah yang berbentuk seperti bunga dan ketika disentuh, teksturnya agak lunak. Melon yang matang juga harus memiliki aroma yang ringan dan manis tapi tidak terlalu kuat baunya.
Tapi jika terlanjur membeli melon yang masih keras, Anda bisa menyimpannya di suhu kamar selama beberapa hari. Ini juga membuatnya lebih segar dan lembut. Setelah dirasa sudah matang, langsung pindahkan ke kulkas, Moms.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk bayi berusia 6 bulan dan baru mengkonsumsi makanan padat, Anda bisa mengolahnya menjadi puree. Namun sebelum menghaluskannya, cuci buah melon, lalu potong menjadi dua bagian. Ambil bijinya dari tengah, kemudian pisahkan daging dan kulitnya, masukkan ke dalam blender atau food processor.
Melon
Melon. Foto: Shutter Stock
Anda juga bisa menambahkan ASI perah demi mendapatkan tekstur yang lebih halus. Agar menambah variatif rasa, Anda bisa mencampurnya dengan buah peach, pisang, blueberry, dan alpukat.
Ketika si kecil sudah berusia 8 bulan, Anda dapat menyajikan melon sebagai makanan bayi berbentuk finger food. Tinggal potong-potong saja buah melon seukuran yang bisa ia genggam, dan letakkan di wadah makannya. Cara ini juga sangat bermanfaat untuk menstimulasi gerak motoriknya lho, Moms.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan