Mom
·
22 Juli 2020 8:46

Tips Supaya Bisa Melahirkan Normal dengan Lancar dan Mudah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Supaya Bisa Melahirkan Normal dengan Lancar dan Mudah (157378)
searchPerbesar
ilustrasi ibu dan bayinya setelah melahirkan normal. Foto: Instagram/@achasinaga
Bisa melahirkan normal dengan lancar dan mudah. Inilah harapan sebagian besar ibu hamil.
ADVERTISEMENT
Namun perlu diketahui Moms, meski sebelumnya dokter optimis Anda bisa melahirkan normal, bisa saja saat waktunya bersalin nanti ia tiba-tiba memutuskan untuk melakukan operasi caesar darurat. Hal seperti ini mungkin terjadi karena beberapa alasan medis yang membuat dokter perlu melakukan prosedur persalinan caesar darurat.
Jika sudah begitu, tak perlu sedih atau kecewa. Persalinan caesar darurat pada dasarnya dilakukan untuk keselamatan Anda dan bayi.
Tips Supaya Bisa Melahirkan Normal dengan Lancar dan Mudah (157379)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil bersiap melahirkan normal Foto: Shutterstock
Tak perlu juga jadi khawatir berlebihan. Lebih baik sekarang tetap berusaha melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan peluang Anda untuk melahirkan normal dengan mudah dan lancar. Apa saja misalnya?

Aktif Bergerak agar Bisa Melahirkan Normal

Aktif bergerak bisa membuat janin terdorong masuk ke jalan lahir dengan posisi tepat. Tentu saja, bukan sembarang bergerak. Pilihlah aktivitas yang membuat Anda bisa aktif bergerak namun tetap aman.
ADVERTISEMENT
Misalnya dengan rajin berjalan kaki di pagi atau sore hari. Dengan berjalan, berdiri, atau duduk tegak, gravitasi bumi akan menarik ke bawah kepala janin yang sudah berada di jalan lahir, sehingga makin mendekati mulut rahim. Kepala janin pun akan menekan mulut rahim sehingga proses pembukaan akan dimulai secara bertahap.
Tips Supaya Bisa Melahirkan Normal dengan Lancar dan Mudah (157380)
searchPerbesar
Berenang sangat baik untuk ibu hamil yang ingin bisa melahirkan normal Foto: Shutter Stock
Selain jalan kaki, sebenarnya berenang juga termasuk aktivitas yang bisa dipilih oleh ibu hamil untuk bisa melahirkan normal dengan lancar dan mudah. Terutama bila wajah janin sudah menghadap ke arah bokong dan kepalanya sudah berada di jalan lahir. Dengan kepala janin yang berdiameter rata-rata 9,5 cm masuk ke dalam jalan lahir yang berdiameter sekitar 11,5 cm secara benar, proses persalinan akan menjadi mudah, lancar, dan cepat.
ADVERTISEMENT
Namun di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, hindari berenang kecuali di kolam renang milik pribadi ya, Moms.
Tips Supaya Bisa Melahirkan Normal dengan Lancar dan Mudah (157381)
searchPerbesar
Senam hamil bisa menjadi bekal agar siap melahirkan normal Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Senam Hamil

Selain membuat tubuh jadi bugar, senam hamil juga dapat melenturkan daerah uterus dan memperkuat otot-otot dasar panggul atau pelvic. Ini bisa menjadi 'bekal' kuat saat masuk ruang bersalin nantinya.
Coba cek, apakah rumah sakit tempat Anda berencana melahirkan menawarkan kelas senam hamil dengan protokol kesehatan yang baik. Bila tidak, coba cari video senam hamil yang dapat Anda ikuti dari rumah selama pandemi.

Bernapas dengan Teknik yang Benar

Tarik napas perlahan-lahan melalui hidung sambil menghitung, mulai dari hitungan keempat secara bertahap meningkat sampai 10 atau lebih sampai paru-paru Anda terasa mengembang.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, keluarkan napas melalui hidung pada hitungan yang sama. Selesai mengeluarkan napas, istirahatlah dulu selama satu atau dua detik. Ulangi proses ini dengan rileks dan berirama.
Tips Supaya Bisa Melahirkan Normal dengan Lancar dan Mudah (157382)
searchPerbesar
Ilustrasi aromaterapi Foto: dok. Studio One

Hirup Aromaterapi

Bila Anda gemar menghirup aromaterapi, lakukanlah kebisaan ini terus hingga proses persalinan tiba, Moms. Aromaterapi dengan wangi lavender bisa jadi pilihan untuk membantu mengurangi rasa sakit, menurunkan tekanan darah tinggi dan rasa tenang. Kondisi yang tenang menjelang persalinan dapat membuat otot-otot Anda mengendur sehingga proses bersalin pun menjadi lebih mudah dan lancar.
Tips Supaya Bisa Melahirkan Normal dengan Lancar dan Mudah (157383)
searchPerbesar
ibu hamil makan buah Foto: Shutterstock

Makan Camilan Sehat

Sebelum bersiap melahirkan normal, tak apa bila Anda makan camilan terlebih dulu, Moms. Sebab itu bisa meningkatkan energi yang tentu saja nantinya dibutuhkan saat waktunya bersalin. Pastikan pilih yang sehat, dan hindari yang berlemak tinggi atau sulit dicerna.
ADVERTISEMENT
Tujuannya agar perut tidak sampai terlalu kenyang, yang justru memicu mual-muntah di fase terakhir persalinan. Hasil penelitian dari Universitas California, camilan juga bisa menambah cairan pada pembuluh darah sehingga punya pengaruh dalam mempercepat persalinan.
Nah Moms, selamat mencoba!

Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020