Mom
·
31 Maret 2021 11:04

Viral Janin Meninggal karena Rumput Fatimah, Benarkah Berbahaya untuk Ibu Hamil?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Viral Janin Meninggal karena Rumput Fatimah, Benarkah Berbahaya untuk Ibu Hamil? (1192)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu melahirkan normal. Foto: Shutter Stock
Rumput fatimah kini sedang ramai dibahas usai sebuah video viral di media sosial. Video tersebut memperlihatkan cerita seorang ibu hamil yang janinnya meninggal karena minum rumput fatimah sebelum melahirkan.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, banyak ibu yang percaya bahwa minum rumput fatimah bisa melancarkan persalinan tanpa memikirkan dampaknya pada janin.
Jadi sebenarnya, amankah mengonsumsi rumput fatimah sebelum persalinan? Berikut penjelasan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan yang praktik di RS Brawijaya Antasari dr. Dinda Derdameisya, SpOG.

Kata Dokter soal Dampak Minum Rumput Fatimah untuk Ibu Hamil

Viral Janin Meninggal karena Rumput Fatimah, Benarkah Berbahaya untuk Ibu Hamil? (1193)
searchPerbesar
Ilustrasi Rumput Fatimah. Foto: Dok. Shutterstock
Menurut dr. Dinda, minum rendaman rumput fatimah memang terbukti bisa meningkatkan kontraksi otot rahim yang bisa membantu mempercepat proses melahirkan. Efek tersebut sama seperti oksitosin, yakni obat yang biasa digunakan oleh dokter untuk membantu meningkatkan kontraksi saat merangsang proses persalinan.
"Rumput fatimah sebenarnya isinya adalah kontraksi ya, bisa memicu kontraksi," ujar dr. Dinda saat dihubungi kumparanMOM, beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Walaupun minum air rendaman rumput fatimah bisa memicu kontraksi yang bisa mempercepat proses persalinan, namun dr. Dinda melarang keras ibu hamil untuk mengonsumsinya.
"Kita melarang untuk memberikan rumput fatimah pada ibu hamil yang sedang menjalani proses persalinan. Justru kalau mau memberikan rumput fatimah sebaiknya setelah bayi itu lahir," kata dr. Dinda.
Viral Janin Meninggal karena Rumput Fatimah, Benarkah Berbahaya untuk Ibu Hamil? (1194)
searchPerbesar
Ilustrasi Rumput Fatimah. Foto: Dok. Shutterstock
Ini karena adanya kadar zat aktif dalam rumput fatimah yang sulit diukur. Sehingga, kontraksi yang muncul akibat mengonsumsi air rendaman rumput ini tidak terkontrol dan justru bisa membuat kontraksi berlebih yang berisiko membahayakan keselamatan ibu dan janin.
"Karena apa, kontraksi yang dipicu oleh rumput fatimah itu tidak dapat terkontrol akan membahayakan janin dapat mempercepat persalinan, tapi bahaya. Pembukaan cepat tapi terjadi robekan yang tidak diinginkan," katanya.
ADVERTISEMENT
Jadi, jangan minum air rendaman rumput fatimah untuk membantu melancarkan proses persalinan. Jika memang Anda menemui masalah jelang melahirkan, lebih baik konsultasikan dengan dokter atau bidan, agar lebih aman untuk Anda dan bayi di dalam kandungan, Moms.