News
·
31 Oktober 2019 11:10

12 Imigran Gelap Selamat Masuk Belgia dalam Truk Pendingin

Konten ini diproduksi oleh kumparan
12 Imigran Gelap Selamat Masuk Belgia dalam Truk Pendingin (200626)
Ilustrasi Kontainer. Foto: Shutter Stock
Sebanyak 12 imigran asal Timur Tengah dan Afrika berhasil masuk hidup-hidup ke Belgia dalam truk kontainer berpendingin. Nasib mereka berbeda dibanding puluhan imigran gelap yang tewas ketika masuk ke Inggris dengan cara yang sama.
ADVERTISEMENT
Sebelas imigran asal Suriah dan satu dari Sudan itu ditemukan pada Rabu (30/11) waktu setempat di dalam kontainer pendingin yang digunakan untuk mengangkut buah dan sayur.
Kepolisian Belgia menyebut, truk itu ditemukan di jalanan yang menyambungkan Antwerp ke ibu kota Belgia, Brussels. "Seluruh orang, 12 pria dalam kondisi sehat," sebut Kepolisian Belgia seperti dikutip dari AFP, Kamis (31/10).
Menurut keterangan kepolisian, kejadian terungkap saat pengemudi truk merasa ada yang tak beres dengan muatannya. Sopir menduga ada penumpang gelap.
Sopir langsung menghubungi kepolisian, setelah aparat datang dan memeriksa isi kontainer ditemukan 12 imigran tersebut. Penyelidikan awal menunjukkan belasan imigran itu akan berangkat ke Inggris.
Saat ini kepolisian tengah menyelidiki bagaimana para imigran bisa sampai ke dalam kontainer tersebut, dan siapa yang mengajak mereka.
ADVERTISEMENT
Pekan lalu, sebanyak 39 jasad imigran gelap ditemukan dalam truk berpendingin di Inggris. Sebagian dari mereka berasal dari Vietnam, diduga tewas kehabisan udara dalam kontainer.