News
·
13 Agustus 2021 6:18
·
waktu baca 2 menit

5 Berita Populer: Dubes Nigeria Ditarik dari RI; Pelat Kendaraan Ganti Warna

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Berita Populer: Dubes Nigeria Ditarik dari RI; Pelat Kendaraan Ganti Warna (52509)
searchPerbesar
Menteri Luar Negeri Nigeria Geoffrey Onyeama. Foto: Eric BARADAT/AFP
Sejumlah peristiwa penting dan menarik menjadi berita populer pada Kamis (12/8). Mulai dari Dubes Nigeria yang ditarik dari Indonesia hingga pelat kendaraan yang akan diganti warnanya.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang tak sempat mengikuti perkembangan berita terkini kemarin, kumparan telah merangkum lima berita di antaranya. Berikut beritanya:

Nigeria Tarik Dubesnya, Ari Usman Ogah dari Indonesia

Menteri Luar Negeri Nigeria, Geoffrey Onyeama menyatakan protes keras atas dugaan pemukulan diplomatnya oleh petugas imigrasi Indonesia. Ia menegaskan bahwa Nigeria telah memutuskan untuk melakukan penarikan Duta Besar Nigeria di Jakarta sesegera mungkin.
Dalam kesempatan yang sama, ia juga menyatakan kecaman keras terhadap tindakan para petugas imigrasi Indonesia, menyebutnya sebagai “brazen criminality” (tindakan yang tak tahu malu). Kecaman itu juga disertai dengan permintaan kepada pemerintah Indonesia untuk menjatuhkan sanksi yang pantas terhadap petugas-petugas imigrasi atas tindakan mereka itu.

Pejabat di Toraja Utara Terima Vaksin Ketiga Moderna

5 Berita Populer: Dubes Nigeria Ditarik dari RI; Pelat Kendaraan Ganti Warna (52510)
searchPerbesar
Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V Palimbong saat vaksinasi COVID-19 dosis ketiga di Kabupaten Toraja Utara. Foto: Dok. Istimewa
Pemkab Toraja Utara, Sulsel, melakukan launching vaksinasi corona dosis ketiga bagi Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan nakes di Kantor Bupati, Selasa (10/8). Toraja Utara merupakan kabupaten pertama di Sulsel yang melakukan vaksinasi dosis ketiga. Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama Pemda Toraja Utara dengan Kemenkes RI.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Kemenkes menegaskan belum ada rencana untuk dosis ketiga bagi masyarakat. Menurut juru bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi suntikan vaksin corona dosis ketiga hanya untuk nakes terlebih dahulu. Sebab, jika dilihat dari tingkatan risiko, nakes memiliki risiko terpapar yang jauh lebih tinggi dari masyarakat umum karena mereka garda terdepan langsung merawat pasien COVID-19.

Viral Warga Depok Pasang Bendera Palestina

5 Berita Populer: Dubes Nigeria Ditarik dari RI; Pelat Kendaraan Ganti Warna (52511)
searchPerbesar
Ilustrasi bendera Palestina. Foto: Shutterstock
Seorang warga di Beji, Depok, memasang bendera Palestina di depan rumahnya. Pemasangan ini dikritik warga, hingga ramai dibahas di media sosial. Warganet mengkritik pemasangan bendera tersebut, dan tak sedikit yang me-mention akun Tim Jaguar Polres Depok.
Dari penjelasan pemilik rumah, bendera tersebut sudah terpasang lama sejak adanya aksi Save Palestina dan belum diturunkan. Namun saat ini, setelah melalui pendekatan persuasif, bendera tersebut diturunkan dan diganti dengan bendera Merah Putih.
ADVERTISEMENT

Kader PSI Tolak Ditegur karena Langgar Ganjil Genap

5 Berita Populer: Dubes Nigeria Ditarik dari RI; Pelat Kendaraan Ganti Warna (52512)
searchPerbesar
Kegiatan reses anggota DPRD DKI Viani Limardi. Foto: Dok. PSI
Anggota DPRD DKI Fraksi PSI, Viani Limardi, terlibat cekcok dengan petugas di pos penjagaan ganjil genap, tepatnya di Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Kamis (12/8). Viani berkeras memaksa melintas, padahal mobil yang digunakan pelat ganjil.
Viani bahkan sempat memarahi petugas karena tak terima diberhentikan. Terkait peristiwa itu, Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Michael Victor Sianipar, mengatakan dirinya sudah menegur keras anggota partainya yang cekcok dengan petugas lalu lintas.

Pelat Kendaraan Akan Berganti Warna

5 Berita Populer: Dubes Nigeria Ditarik dari RI; Pelat Kendaraan Ganti Warna (52513)
searchPerbesar
Konsep pelat nomor kendaraan listrik Foto: dok. Istimewa
Korlantas Polri berencana untuk mengganti warna pelat kendaraan bermotor. Warna pelat nomor yang sekarang akan berganti berdasarkan aturan baru, yakni Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.
ADVERTISEMENT
Di Pasal 45 Ayat 1 disebutkan, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk masing-masing kendaraan nantinya akan dibedakan dari warna dasar dan tulisannya.
Berikut perbedaannya;
  • a) putih, tulisan hitam untuk Ranmor perseorangan, badan hukum, PNA dan Badan Internasional;
  • b) kuning, tulisan hitam untuk Ranmor umum;
  • c) merah, tulisan putih untuk Ranmor instansi pemerintah
  • d) hijau, tulisan hitam untuk Ranmor di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020