5 Berita Populer: Jokowi Naik Garuda Indonesia Ke KTT G20; Harga Hotel Raker KPK

31 Oktober 2021 6:50
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Berita Populer: Jokowi Naik Garuda Indonesia Ke KTT G20; Harga Hotel Raker KPK (349629)
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Jokowi naik Pesawat Garuda Indonesia dalam kunjungan kerja ke Italia, Inggris, dan Uni Emirat Arab, Jumat (29/10). Foto: Agus Suparto/Istana Presiden
Sejumlah peristiwa penting dan menarik menjadi berita populer pada Sabtu (30/10). Mulai dari Jokowi dan rombongan Indonesia yang naik pesawat Garuda Indonesia ke KTT G20 di Italia hingga tarif menginap di hotel bintang 5 yang dipakai raker oleh KPK.
ADVERTISEMENT
Berikut lima rangkuman kumparan terkait lima berita populer. Apa saja?

Jokowi ke KTT G20 Italia Naik Pesawat Garuda Indonesia

Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri menghadiri pertemuan KTT G20 di Roma, Italia. Untuk terbang ke Italia, Presiden Jokowi dan rombongan diketahui menggunakan pesawat dari maskapai Garuda Indonesia.
Kesan bangga pun diekspresikan oleh salah satu rombongan menteri yang menemani Jokowi, yakni Menteri BUMN, Erick Thohir melalui sebuah cuitan di akun Twitter-nya @erickthohir. Ia membuat cuitan yang mengatakan bahwa sebuah kehormatan bagi suatu maskapai bisa dijadikan sebagai sebuah moda transportasi udara untuk berbagai lawatan ke luar negeri. Jokowi akan berada di KTT G20 Italia selama tanggal 30-31 Oktober.

Dikuasai KKB, TNI-Polri Kuasai lagi Bandara Bilogai, Sugapa

5 Berita Populer: Jokowi Naik Garuda Indonesia Ke KTT G20; Harga Hotel Raker KPK (349630)
zoom-in-whitePerbesar
Tim Gabungan TNI Polri melakukan penindakan terhadap kelompok KKSB di Kp. Jalai Distrik Sugapa, Kab. Intan Jaya, Senin (26/10/2020). Foto: Dok. Puspen TNI
Bandara Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua sempat diserbu dan dikuasai oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Jumat (29/10) sore lalu. Beruntung, pada malam harinya bandara kembali berhasil dikuasai oleh kekuatan gabungan dari TNI-Polri.
ADVERTISEMENT
Serangan di Bandara tersebut adalah salah satu lokasi dari rentetan serangan yang dilakukan di distrik tersebut. Imbasnya kini sebanyak 5.859 orang mengungsi ke 4 lokasi, yakni Polsek Sugapa ada sekitar 160 jiwa, Koramil Sugapa terdapat 20 jiwa, Gereja ST Misael 2.405 jiwa, Gereja Katholik Agapa 3.000 jiwa, Gereja GKII Anthokia 124 jiwa dan Gereja Katholik Baitapa 150 jiwa.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

Presiden Partai Buruh Minta Jokowi Naikkan UMK 10 Persen

5 Berita Populer: Jokowi Naik Garuda Indonesia Ke KTT G20; Harga Hotel Raker KPK (349631)
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal melakukan orasi saat unjuk rasa buruh di depan kawasan Patung Arjunawiwaha atau Patung Kuda, Jakarta, Senin (2/11). Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) menjadi topik tuntutan yang disebutkan oleh Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal dalam konferensi pers virtual Partai Buruh, Sabtu (30/10). Di dalam kesempatan tersebut Said meminta Presiden Jokowi menaikkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 7 persen hingga 10 persen.
ADVERTISEMENT
Said menjelaskan kenapa perlu ditingkatkannya UMK tersebut pada kisaran persentase itu adalah karena dinilai sesuai dengan perhitungan kebutuhan hidup layak. Selain tuntutan tersebut, Said juga meminta pencabutan UU Cipta Kerja dan meminta seluruh guru honorer dan tenaga honorer diangkat menjadi PNS.

Petugas Kebersihan Bandara Soetta Temukan Dompet Berisi Cek Senilai Rp 35,5 M

5 Berita Populer: Jokowi Naik Garuda Indonesia Ke KTT G20; Harga Hotel Raker KPK (349632)
zoom-in-whitePerbesar
Petugas kebersihan Bandara Soekarno-Hatta, Halimah (36), menemukan cek senilai Rp 35,5 miliar milik penumpang yang tertinggal pada Jumat (29/10). Foto: Dok. Istimewa
Petugas kebersihan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Halimah (36), menemukan cek senilai Rp 35,5 miliar milik penumpang yang tertinggal pada Jumat (29/10). Penemuan itu terjadi pada Jumat, (29/10) pukul 10.00 WIB.
Cek tersebut berada di dalam dompet berwarna cokelat di atas bangku penumpang. Halimah langsung mengamankannya ke Supervisor Aviation Security (Avsec) yang bertugas saat itu. Aksi Halimah itu sendiri pun akhirnya mendapat apresiasi dari PT Corporate & Marketing Communication Manager Angkasa Pura Solusi, Virgiawan.
ADVERTISEMENT

Biaya dari Hotel Bintang 5 Yogya yang Dipakai KPK Raker

5 Berita Populer: Jokowi Naik Garuda Indonesia Ke KTT G20; Harga Hotel Raker KPK (349633)
zoom-in-whitePerbesar
Hotel bintang 5 Sheraton Mustika di Kabupaten Sleman, DIY yang jadi tempat raker KPK. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Pimpinan KPK bersama sejumlah pejabat eselonnya melakukan rapat kerja (raker) pada 27 hingga 29 Oktober 2021. Raker tersebut digelar di Hotel Bintang 5, Sheraton Mustika, Yogyakarta. Akibat dari status tempat yang digunakan rombongan KPK. Akhirnya, tindakan KPK tersebut pun tengah mendapat sejumlah sorotan.
Salah satunya datang dari peneliti PUKAT UGM Zaenur Rohman yang mempertanyakan 9 nilai integritas yang salah satunya adalah hidup sederhana. Baginya, raker di hotel bintang 5 tersebut tidak menunjukkan nilai sederhana yang merupakan salah satu nilai integritas antikorupsi yang sering dikampanyekan KPK. Diperkirakan kegiatan Raker tersebut telah habis sekitar Rp 74,8 juta hanya untuk menginap di Hotel.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020