News
·
16 Maret 2021 6:40

5 Berita Populer: Larangan Kawal Konvoi di DKI; Anton Medan Meninggal Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Berita Populer: Larangan Kawal Konvoi di DKI; Anton Medan Meninggal Dunia (246106)
Rombongan konvoi motor besar. Foto: dok. Istimewa
Sejumlah peristiwa penting dan menarik menjadi berita populer pada Senin (15/3). Salah satunya terkait polisi di DKI yang dilarang memberi pengawalan terhadap konvoi motor gede (moge), mobil mewah, hingga pesepeda.
ADVERTISEMENT
Lalu, seputar Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Anton Medan yang meninggal dunia.
Bagi Anda yang tak sempat mengikuti perkembangan berita terkini di hari sebelumnya, kumparan merangkum lima berita populer di antaranya. Apa saja?
Polisi di DKI Dilarang Kawal Moge-Sepeda
5 Berita Populer: Larangan Kawal Konvoi di DKI; Anton Medan Meninggal Dunia (246107)
Pesepeda melintasi jalur khusus sepeda yang telah diberikan pembatas jalur permanen di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (24/2). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Kegiatan konvoi yang mendapat pengawalan dari petugas kerap mendapat sorotan dari berbagai pihak. Pasalnya, hal itu dianggap mengganggu aktivitas pengendara lainnya di jalan.
Menanggapi hal tersebut, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, pihaknya melarang jajarannya memberi pengawalan terhadap konvoi motor gede (moge), mobil mewah, hingga pesepeda.
“Ini kebijakan Dirlantas Polda Metro Jaya melarang anggota saya mengawal moge, mengawal mobil-mobil mewah, dan mengawal pesepeda,” kata Sambodo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (15/3).
ADVERTISEMENT
Istana: Jabatan Jokowi Hanya Sampai 2024
5 Berita Populer: Larangan Kawal Konvoi di DKI; Anton Medan Meninggal Dunia (246108)
Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Virtual WEF Mengenai Indonesia dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Istana Kepresidenan angkat suara soal kembali ramai wacana memperpanjang masa jabatan presiden menjadi tiga periode. Wacana ini kembali menjadi sorotan setelah disampaikan oleh politikus senior Amien Rais.
Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, memastikan selama ini Jokowi menaati konstitusi. Jokowi tetap menghendaki masa jabatan hanya sampai dua periode saja dan tidak ada perpanjangan.
"Setia dan memegang teguh ideologi Pancasila dan konstitusi UUD 1945 dan berjuang untuk melaksanakan sepenuhnya di masa jabatan beliau sejak 2014 hingga 2024 nanti," kata Fadjroel dalam keterangannya kepada kumparan, Senin (15/3).
Erick Thohir Rombak Pejabat Bank Mandiri
5 Berita Populer: Larangan Kawal Konvoi di DKI; Anton Medan Meninggal Dunia (246109)
Menteri BUMN Erick Thohir lantik pejabat di Kementerian BUMN, Rabu (27/1). Foto: Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir kembali merombak jajaran pengurus PT Bank Mandiri Tbk (Persero) atau BMRI. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), pemegang saham mengangkat Timothy Utama menjadi Direktur Information Technology.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan Timothy menggantikan Rico Usthavia Frans yang telah habis masa jabatannya. Sebelumnya, Timothy Utama merupakan Managing Director, Head of Operations and Technology Citibank.
"Pada jajaran komisaris, RUPST juga menyepakati penunjukan Muhammad Yusuf Ateh sebagai Komisaris menggantikan Ardan Adiperdana," kata Darmawan dalam konferensi pers RUPST Mandiri, Senin (15/3).
Sebagai informasi, Muhammad Yusuf Ateh adalah Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
Demokrat Kubu Moeldoko Ajukan SK Kepengurusan ke Kemenkumham
5 Berita Populer: Larangan Kawal Konvoi di DKI; Anton Medan Meninggal Dunia (246110)
Moeldoko menyampaikan pidato perdana saat Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di The Hill Hotel Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara. Foto: Endi Ahmad/ANTARA FOTO
Hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang yang menunjuk Moeldoko sebagai ketua umum, resmi mengajukan SK pengesahan kepengurusan kepada Kementerian Hukum dan HAM RI pada Senin (15/3).
"Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat pimpinan Bapak Jend (Purn). Dr. H. Moeldoko telah mendaftarkan hasil Kongres Luar Biasa kepada Kementerian Hukum dan HAM RI, Senin (15/3)," kata juru bicara Partai Demokrat hasil KLB, Muhammad Rahmad.
ADVERTISEMENT
Rahmad mengatakan SK diajukan pukul 11.00 WIB dipimpin oleh Sekjen hasil KLB, Jhoni Allen Marbun, bersama beberapa pengurus.
"Diterima jajaran Kemenkumham, ada Dirjen AHU," ucap Rahmad.
Anton Medan Meninggal Dunia
5 Berita Populer: Larangan Kawal Konvoi di DKI; Anton Medan Meninggal Dunia (246111)
Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa, Anton Medan. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Berita duka datang dari Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Anton Medan. Ia meninggal dunia hari ini, Senin (15/3), pada usia 63 tahun.
Kabar duka ini disampaikan oleh Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok mendapat berita duka ini dari adik Anton Medan.
"Iya benar meninggal. Tadi adiknya ada kasih kabar," kata Ahok kepada kumparan.
***