News
·
23 Juli 2021 7:19
·
waktu baca 2 menit

5 Berita Populer: Rektor UI Mundur dari Komisaris BRI; RI Beli Jet Tempur Korsel

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Berita Populer: Rektor UI Mundur dari Komisaris BRI; RI Beli Jet Tempur Korsel (145224)
searchPerbesar
Rektor Universitas, Prof Ari Kuncoro (kedua dari kiri) menjawab pertanyaan wartawan di Kantor Wapres RI, Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Sejumlah peristiwa penting dan menarik menjadi berita populer pada Kamis (22/7). Mulai dari Rektor UI mundur dari komisaris BRI hingga Indonesia beli jet tempur baru dari Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang tak sempat mengikuti informasi terkini di hari kemarin, kumparan merangkum lima berita populer di antaranya.

Rektor UI, Ari Kuncoro, Mundur dari Dewan Komisaris BRI

Rektor UI (Universitas Indonesia), Ari Kuncoro, mengundurkan diri dari jabatan Wakil Komisaris Utama BRI yang terhitung sejak tanggal 21 Juli lalu.
Dikutip dari keterbukaan informasi BRI di Bursa Efek Indonesia (BEI), disampaikan bahwa Kementerian BUMN telah menerima surat pengunduran diri tersebut.

Eks Menteri Termuda di Malaysia, Syed Saddiq, Didakwa Korupsi

5 Berita Populer: Rektor UI Mundur dari Komisaris BRI; RI Beli Jet Tempur Korsel (145225)
searchPerbesar
Menteri Belia dan Sukan Malaysia Syed Saddiq. Foto: Shutter Stock
Eks menteri termuda di Malaysia, Syed Saddiq didakwa melakukan korupsi oleh pengadilan Kuala Lumpur. Dia didakwa pada Kamis (22/7/2021) atas tindakan kriminal terkait dana sebesar 1 juta ringgit atau setara Rp 3,4 miliar. Selain itu, dia juga turut didakwa melakukan penggelapan uang sebesar 120 ribu ringgit setara Rp 411 juta.
ADVERTISEMENT
Untuk dakwaan pertama, diduga dilakukan Syed Saddiq ketika menjabat di sayap pemuda Partai Bersatu. Sedangkan, dakwaan kedua diduga dilakukan Syed Saddiq pada 8 April sampai 21 April 2018. Bila terbukti bersalah, maka Syed Saddiq terancam dihukum enam bulan atau lima tahun penjara ditambah cambuk dan denda.

12 Orang Tim Revisi Statuta UI: Ari Kuncoro hingga Harkristuti

5 Berita Populer: Rektor UI Mundur dari Komisaris BRI; RI Beli Jet Tempur Korsel (145226)
searchPerbesar
Tim Revisi Statuta UI. Foto: Dok. Istimewa
Revisi PP Statuta UI disusun oleh Tim Revisi Statuta UI yang berjumlah 12 orang yang berada dalam tim yang dikoordinir Rektor UI Prof Ari Kuncoro sebagai perwakilan rektorat. Dalam tim tersebut ada juga unsur Majelis Wali Amanah (MWA) UI, Dewan Guru Besar (DGB), dan Senat Akademik (SA).
Hal tersebut pun dibenarkan oleh Prof. Harkristuti Harkrisnowo yang masuk tim revisi dari unsur Dewan Guru Besar (DGB). Namun, Harkristuti menyebut tim hanya bekerja di awal pembahasan. Dia tidak menjelaskan soal bagaimana PP tersebut diteken Jokowi, terutama revisi Pasal 35 huruf c yang membolehkan rektor UI rangkap jabatan komisaris BUMN.
ADVERTISEMENT

Harga 6 Jet Tempur T-50i dari Korsel yang Diborong Indonesia Rp 3,4 Triliun

5 Berita Populer: Rektor UI Mundur dari Komisaris BRI; RI Beli Jet Tempur Korsel (145227)
searchPerbesar
pesawat tempur TNI AU jenis T-50 Skuadron Lanud Iswahjudi. Foto: ANTARA FOTO/Kornelis Kaha
Produsen pesawat asal Korsel, Korea Aerospace Industries Co (KAI) menyetujui kesepakatan dengan pihak Kemhan Indonesia terkait pembelian 6 buah pesawat latih tempur Lead-in Fighter Training (LIFT) jenis T-50i Golden Eagle. Diketahui harga kesepakatan tersebut USD 240 juta atau sekitar Rp 3,4 triliun (USD 1= Rp 14.513).
Merujuk kesepakatan itu, KAI akan memasok enam jet latih canggih T-50i ke Angkatan Udara Indonesia secara bertahap mulai dari 16 Desember 2021 hingga 30 Oktober 2024.

Usai Lengser dari Komisaris BRI, Ari Kuncoro Kini Didesak Mundur dari Rektor UI

Eksponen Aktivis Alumni Universitas Indonesia (UI) mendorong Ari Kuncoro agar mundur dari jabatannya sebagai Rektor UI. Dorongan ini muncul usai Statuta UI direvisi dan memperbolehkan Rektor UI merangkap jabatan Komisaris BUMN.
ADVERTISEMENT
Setidaknya sudah ada 110 orang yang menyatakan dukungan agar Ari Kuncoro mundur. Mulai dari Prof. Dr Lukman Hakim (Ketua Dewan Mahasiswa (DM) 1978), Chandra Motik, (mantan Ketua Iluni Fakultas Hukum), Dipo Alam (Ketua DMUI 1975).