kumparan
28 Oktober 2019 3:02

8 Migran di Prancis Hipotermia di Dalam Truk, Diduga Akan ke Inggris

Ilustrasi Kontainer
Ilustrasi Kontainer. Foto: Shutter Stock
Truk pendingin bermuatan manusia kembali terungkap. Setelah penemuan 39 mayat dalam kontainer di Inggris, kali ini, temuan serupa terjadi di Prancis.
ADVERTISEMENT
Bedanya, delapan orang yang ada di dalam truk itu masih hidup, meski berada dalam kondisi hipotermia. Suhu tujuh derajat celcius di dalam kontainer menjadi penyebabnya.
Dilansir AFP, Senin (28/10), truk itu ditemukan di Pelabuhan Calais, Minggu (27/10) dini hari waktu setempat. Delapan orang di dalamnya, termasuk empat anak-anak, diduga adalah migran asal Afghanistan.
Sejumlah sumber menyebutkan bahwa mereka akan melakukan perjalanan dari pelabuhan Prancis dengan feri ke Inggris. Kedua sopir asal Romania telah ditahan, sementara para terduga migran sudah dilarikan ke rumah sakit setempat.
Kasus ini terjadi setelah 39 orang ditemukan tewas di dalam kontainer truk di kawasan industri Grays, Essex, Inggris, Rabu (23/10) lalu. Muatan 39 mayat di dalamnya, termasuk dari mana mereka berasal dan penyebab tewas, masih menjadi tanda tanya besar.
ADVERTISEMENT
Dugaan sementara, para korban tewas akibat kehabisan napas dan tak tahan dengan suhu dingin dalam kontainer yang bisa mencapai -25 derajat celcius. Dugaan menguat pada kasus perdagangan manusia. Lima orang termasuk sopir telah ditahan.
Bertambahnya kasus selundupan manusia di dalam truk telah menelanjangi risiko rute migran ilegal ke Eropa. Pasalnya, bukan kali pertama atau kedua kasus ini terjadi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan