CFD di Polda Metro Jaya Ditiadakan Selama Ramadhan

24 Maret 2023 10:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko memperkenalkan diri sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya yang baru. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko memperkenalkan diri sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya yang baru. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
ADVERTISEMENT
Polda Metro Jaya meniadakan kegiatan Car Free Day (CFD) di Markas Polda Metro selama bulan Ramadhan.
ADVERTISEMENT
"Iya, bulan Ramadhan ini Polda Metro lakukan evaluasi untuk tidak memberlakukan CFD. Wujud juga kepedulian selama jalani puasa di bulan Ramadhan," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis, Jumat (24/3).
Selain itu, CFD di lingkungan Polda Metro ditiadakan karena kegiatan ini menimbulkan kemacetan di sekitar markas. Pengendara yang ingin masuk memadati pintu masuk karena menunggu CFD yang berlangsung setengah hari tersebut.
Polda Metro Jaya telah menggelar CFD di lingkungan Polda Metro sejak 3 Maret. Hal ini dilakukan dengan harapan dapat mengurangi polusi udara.
"Kita mencoba pada ramah lingkungan yang bebas polusi udara dan kita mengembangkan hutan kota," ujar Truno, 1 Maret lalu.
Trunoyudo menjelaskan, hal ini juga telah disosialisasikan pada pihak internal Polda Metro Jaya, untuk tidak membawa kendaraan bermotor. Meski demikian, tetap ada pengecualian bagi beberapa kendaraan.
ADVERTISEMENT
"Ada beberapa hal yang menjadi pengecualian, tentu terkait mobil dinas yang terkait operasional, ini masih diperbolehkan," ungkapnya.
Dari segi operasional, Trunoyudo memastikan masyarakat masih tetap dapat mengurus surat-surat kendaraan. Namun khusus untuk cek fisik, antreannya dibatasi.
"Kita masih melakukan pelayanan ini seperti cek fisik baik kendaraan roda empat dan roda dua ini dibatasi pada satu hari untuk motor ada 300, untuk mobil ada 200," ungkap Trunoyudo.